BERITA UTAMA

Panen Perdana  Hasil Pertanian WBP Rutan Kolaka  Dibagikan ke Masyarakat Secara Gratis

Kepala Rutan Kelas IIB Kolaka Darwan, SH. MH saat memberikan hasil pertanian WBP Rutan Kolaka kepada masyarakat. (Ist)

KOLAKAPOS, Kolaka–Keberhasilan warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Kolaka patut diapresiasi. Pasalnya para warga binaan telah suskes bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada diarea Rutan Kolaka.

Dengan keberhasilan tersebut, yang dirangkaikan dengan momentum hari Bakti Sosial yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang digelar setiap tahunnya. Pada Kamis, 23 April lalu, dalam rangka memperingati hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-56, Rutan Kelas IIB Kolaka menggelar kegiatan bakti sosial dengan membagikan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kolaka berupa tanaman pangan hasil pertanian warga binaan Rutan Kolaka kepada masyarakat sekitar secara gratis.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, H. Muslim, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, penyediaan tanaman pangan merupakan salah satu poin resolusi pemasyarakatan.

“Jadi ini panen perdana kebun warga binaan Rutan Kolaka. Perlu diketahui bahwa salah satu Resolusi Pemasyarakatan adalah Penyediaan Tanaman Pangan. Dan alhamdulillah seluruh hasil panen hari ini sudah kita bagikan kepada masyarakat setempat,” kata H. Muslim.

Sementara itu, Kepala Rutan Kolaka, Darwan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bukti bahwa walaupun sedang menjalani masa pidana, warga binaan Rutan Kolaka masih terus berusaha menghasilkan karya positif yang berguna bagi masyarakat luas. “Alhamdulillah, ini salah satu bukti bahwa warga binaan kami masih terus berusaha menghasilkan karya yang berguna bagi masyarakat. Ini juga bentuk kepedulian Rutan Kolaka kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini,” ungkap Darwan.

“Semoga dengan kegiatan ini, bisa lebih meningkatkan kepedulian sosial antar sesama,” harapnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top