BERITA UTAMA

USN Terakreditasi Baik BAN-PT

Rektor USN Kolaka, Azhari

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November USN Kolaka Sulawesi Tenggara Sultra mendapatkan peringkat akreditasi Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor 111/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PT/IV/2020 berlaku selama lima tahun ke depan terhitung April 2020 hingga April 2025.

Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan peringkat akreditasi baik dari BAN-PT ini sudah melampaui harapan.. Menurutnya, dengan umur USN yang baru genap berusia 6 tahun setelah menjadi perguruan tinggi negeri, mencapai peringkat akreditasi baik secara institusi menjadi suatu kebanggaan buat seluruh civitas.

Sebab, kata dia, perjalanan dalam menyiapkan seluruh kriteria administrasi, pihaknya sempat meragu apakah USN Kolaka bisa memenuhi standar kriteria untuk dapat terakreditasi atau tidak. Rektor pun mengapresiasi seluruh tim yang terlibat dalam proses persiapan hingga mendapatkan pencapaian tersebut.

“Kategori baik itu sudah pencapaian yang maksimal buat kami. Saya secara pribadi berterimakasih kepada dosen-dosen muda USN Kolaka khususnya Ibu Roslina dan tim yang telah berjibaku mempersiapkan segala administrasi untuk pencapaian ini,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Sabtu (2/5).

Wakil Rektor Bidang Akademik, Ruslin Hadanu menambahkan ini kali pertama Kampus Merah Marun itu mengajukan akreditasi institusi ke BAN-PT. Setelah melalui proses persiapan administrasi, pengajuan akreditasi institusi, dan penilaian, akhirnya USN berhasil memperoleh peringkat akreditasi Baik dari BAN PT.

“Sebelumnya kami belum pernah mengajukan akreditasi institusi. Jadi ini pertama kalinya bagi USN Kolaka. Sebelumnya USN Kolaka hanya terakreditasi minimal,” ujarnya.

Katanya, keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan sinergi dan kerja keras semua pihak yang berada dalam lingkungan kampus guna mendapatkan penilaian terbaik sehingga bisa menjadi perguruan tinggi yang diperhitungkan di Indonesia. Tentunya, USN belum berpuas diri dengan hanya berada pada peringkat akreditasi baik.

Ke depan, peningkatan kualitas mutu pendidikan, kegiatan kemahasiswaan, penelitian, dan penunjang lainnya akan terus dilakukan peningkatan agar bisa mencapai peringkat baik sekali maupun unggul.

“Perbaikan semua kriteria akreditasi institusi, berdasarkan dokumen evaluasi diri kita meningkatkan yang masih lemah dan mempertahankan kriteria yang telah baik,” pungkasnya. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!