METRO KOLAKA

Antam Salurkan Ribuan Paket Sembako di Tiga Kecamatan

KOLAKAPOS, Kolaka — Kepedulian PT. Antam Tbk UBPN Sultra bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka terhadap warga yang terkena dampak covid-19 sangat tinggi. Terbukti, perusahaan yang berada di Pomalaa ini memberikan bantuan kepada warga di tiga kecamatan di kabupaten Kolaka.

GM PT Antam Tbk UBPN Sultra, Khaidir Said mengatakan, pihaknya sadar betul atas dampak covid-19, karena mempengaruhi pendapatan masyarakat. Sebab, sebelumnya warga memiliki pendapatan yang cukup, namun dengan adanya covid-19 ini mengalami penurunan.

“Kita sadar betul wabah yang dihadapi sangat mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Tak hanya mempengaruhi ekonomi warga yang pas-pasan, tapi juga menimpa warga penghasilan tetap. Padahal sebelumnya memiliki kehidupan yang baik, tapi karena adanya covid ini tidak mendapatkan pendapatan sementara,” ujarnya.

Untuk itu, Antam sudah berkoordinasi dengan Pemda Kolaka akan memberikan bantuan kepada warga di tiga kecamatan, yakni Pomalaa, Baula dan Wundulako. Ada 1227 paket sembako yang akan diserahkan kepada warga.

“Hari ini (kemarin, red) kami berkoordinasi dengan Pemda bahwa akan membantu menyalurkan bantuan kepada tiga kecamatan yang ada di kabupaten Kolaka yakni Pomalaa, Baula dan Wundulako,” paparnya.

Ia menjelaskan, terkait dengan lokasi dan jumlah yang akan disalurkan Antam sudah berkoordinasi dengan Pemda Kolaka. “Terkait dengan lokasinya dan jumlah disalurkan, kita berkoordinasi apa saja yang dibutuhkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebagai BUMN pihaknya sudah melakukan berbagai antisipasi, baik internal dan berkoordinasi dengan Pemda Kolaka, serta melakukan kegiatan sosial untuk membantu warga yang terkena dampak covid-19 ini.

“Kami dengan cepat melakukan berbagai antisipasi. Tidak hanya itu kami juga sudah berkoordinasi dengan Pemda Kolaka, bahkan saat itu sudah melakukan beberapa kegiatan sosial,” terangnya.

Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga selama covid-19 ini. Serta warga Kolaka tidak ada yang terkena virus tersebut dan segera hilang.

“Kami berharap bantuan ini meringankan beban warga yang terdampak covid. Selain itu juga kita berharap semoga wabah ini tidak menimpa warga kolaka dan cepat hilang dari Sultra dan Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka Ahmad Safei mengatakan, saat ini pendapatan warga mengalami penurunan akibat virus covid-19. Untuk itu Pemda bersama dengan PT Antam memiliki tanggung jawab untuk membantu meringankan beban warga.

“Sebelumnya kita bisa mencari uang dengan waktu tidak terbatas. Namun dengan adanya covid ini ada batasan, sehingga mengalami pendapatan enurun. Sebagai pemerintah memiliki tanggung jawab dalam memberikan bantuan kepada warga,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Ahmad Safei, tanggung jawab ini tidak hanya dari Pemda, namun juga semua pihak. Baik itu itu tokoh masyarakat, agama, pemerintah, dan pengusaha. Untuk itu, Pemda dan seluruh pihak harus bekerja sama dalam mengatasi kondisi saat ini.

“Jadi saat ini kita kumpul koordinasi dengan teman (seluruh pihak, red) dan ada jawaban dari Antam, untuk memberikan bantuan sembako untuk dibagikan kepada warga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya ini bantuan sembako sudah diberikan kepada sebagian warga diantaranya melalui PKH, BLT desa, Pemda Kolaka, Provinsi, dan saat ini dari Antam.

“Pemberian sembako ini sudah dibagi ke masyarakat. Sebab, sebelum ada covid sudah ada beberapa yang dibagikan ke masyrakat melalui PKH, BLT, kemudian setelah dibagi, masih banyak warga yang belum terima diluar kelompok tersebut,” jelasnya.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut, berdasarkan hasil musyawarah Antam bersedia membantu memberikan bantuan warga di tiga kecamatan yakni Pomalaa, Baula dan Wundulako.

“Berdasarkan hasil musyawarah semuanya ditanggung oleh Antam untuk memberikan bantuan kepada warga yang ada di tiga kecamatan,” terangnya.

Untuk itu, Pemda mengucapkan terimakasih kepada Antam yang telah bersedia membantu meringankan beban masyarakat. “Dengan terpenuhi ini semua kita bisa tenang, kalau ada kerjaan kita bisa kerjakan dengan baik,” paparnya.

Ia berharap, bantuan ini dapat digunakan dengan baik dan Antam semakin berkembang. ” Saya ucapkan terimasih kepada Antam dan kita doakan agar bisa lebih baik lagi,” tandasnya. (run)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!