BERITA UTAMA

Ditengah Pandemik Covid-19, Perusahaan Wajib Bayarkan THR

Kabid Hubungan Industri dan Syarat Kerja Abdullah Muzakir, SH

KOLAKAPOS, Kolaka — Pandemik virus Covid-19 yang masih meresahkan sampai saat ini, berimbas pada terpuruknya perekonomian masyarakat begitupun pada sejumlah perusahaan. Meski demikian kewajiban perusahaan wajib membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerjanya, meski ditengah pandemik Covid-19.

“Dengan adanya pandemik Covid-19 ini, perusahaan tetap wajib melakukan pembayaran THR, namun perusahaan bisa saja menunda pembayaran THR yang penting ada kesepakatan bersama dengan para pekerja. Dari hasil kesepakatan itu disampaikan kepada kami agar kami tau perusahaan mana yang menunda pembayaran THRnya,” kata kepada bidang hubungan industri dan syarat kerja Dinas Nakertrans Kolaka Abdullah Muzakir saat ditemui media ini, Rabu (13/5).

Saat ini, kata Muzakir pihaknya juga masih menunggu surat resmi dari pemerintah provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara terkait intruksi pembayaran THR.

Selain itu, pihaknya dalam minggu ini juga akan membagikan surat edaran dari bupati Kolaka terkait pembayaran THR bagi pekerja, yang akan ditujukan kepada semua perusahaan yang ada diwilayah kabupaten Kolaka.

“Kita tinggal tunggu juga surat dari gubernur terkait pembayaran THR namun terkait pembayaran THR telah diataur dalam Permennaker nomor 16 tahun 2019 tentang pembayaran THR. Dan minggu ini kita sudah akan edarkan juga surat dari bapak bupati,” ucapnya.

Muzakir menjelaskan, terkiat aturan pembayaran THR pada pekerja sudah ada mekanismenya, yang mana jika pekerja sudah bekerja selama satu tahun maka perusahaan wajib memberikan THR nya setara satu bulan gajinya. Sedangakan bagi pekerja yang baru bekerja dibawah satu tahun maka akan diberikan secara proporsional yaitu berdasarkan rumus berapa bulan dia kerja per 12 bulan kemudian dikali upah minimum kabupaten itulah yang dibayarkan THRnya.

“Jadi pembayaran THR itu berdasrkan Permennaker dibayarkan H-7 sebelum hari raya. Dan bila mana ada perusahaan yang tidak membayarkan THR kepada pekerjanya maka ada ada sanksi yang akan diberikan,” jelasnya. (K9/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!