BUTON UTARA

Penumpang KM Lambelu Dilakukan Rapid Test Ulang di Butur 

Jubir GTC-19 Butur dr Muhammad Ali Badar 

KOLAKAPOS, Buranga — Salah satu warga Buton Utara yang pernah menumpang di KM Lambelu dilakukan Rapid Test ulang, hasilnya reaktif.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 (GTC-19)  Buton Utara (Butur) dr. Muhammad Ali Badar, melalui press rilis WhatsApp, Sabtu, 16 Mei 2020 malam.

Ali Badar menjelaskan, untuk satu orang yang rapid test reaktif akan dilakukan isolasi mandiri di Pustu tempat dia berdomisili, sampai hasil swab keluar. Sementara yang non reaktif lainnya, sudah di edukasi oleh pihak Puskesmas untuk karantina mandiri di rumah hingga ada hasil swab.

“Satu orang yang reaktif ini merupakan eks penumpang KM. Lambelu. Dia tiba di Butur sudah satu bulan lebih,” katanya.

Menurut Ali Badar, hal itu dilakukan dengan banyaknya kasus terkonfirmasi positif dari kluster KM. Lambelu, KM. Dorolonda dan kluster Temboro Magetan di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan Rapid Test ulang pada kluster yang dimaksud.

Ada delapan orang yang baru saja selesai menjalani rapid test untuk wilayah Kecamatan Kulisusu yang dilakukan di RSUD Butur, Sabtu (16/5/2020). Hasilnya, satu orang reaktif dan lainnya menunjukkan hasil negatif. “Hasil reaktif hanya menunjukkan antibodi yang terbentuk, bukan menunjukkan positif Covid-19,” ujarnya.

Ali Badar menambahkan, pemeriksaan Swab RT PCR (polymerase chain reaction) sebagai penentu diagnosis Covid-19. Pemeriksaan paling cepat hari Selasa pekan depan. Pihaknya, masih menunggu bahan pengambilan sampel yang sementara dalam perjalanan.

“Akan di Swab semua orang dari Butur termasuk kluster KM. Lambelu, KM. Dorolonda dan kluster Temboro Magetan,” terangnya. (k10/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!