KONAWE SELATAN

Bupati Konsel Serahkan Akreditasi Kemensos Untuk 7 LKSA Aktif

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat menyerahkan Sertifikat Akreditasi kepada salah satu LKSA di Konsel. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, menyerahkan Akreditasi kepada tujuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di wilayah tersebut, akreditasi dimaksud merupakan penghargaan dari Kementerian Sosial (Kemensos), atas eksistensi 7 lembaga yang aktif bergerak di bidang sosial, penyerahan berlangsung di pendopo Rumah Jabatan Bupati, Rabu (3/6).

Sertifikat akreditasi tersebut diterima pengurus tujuh LKSA (sebelumnya disebut Panti Asuhan) Konsel, yang telah memenuhi standar kelayakan lembaga kesejahteraan sosial yang telah ditetapkan Kemensos.

Bupati Surunuddin mengungkapkan dengan akreditasi diberikan kepada LKSA yang telah memenuhi kelayakan dan standarisasi lembaga, yang didasarkan pada penilaian program, sumber daya manusia, manajemen dan organisasi, sarana dan prasarana, serta hasil pelayanan kesejahteraan sosial.

“Dengan adanya akreditasi ini, tentunya akan menjadi pemicu lembaga kesejahteraan sosial lainnya untuk mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah,” katanya saat memberikan arahan didepan pengurus LKSA Konsel.

Tentunya, lanjut Surunuddin akreditasi dari Kemensos tersebut merupakan bentuk perhatian Pemerintah, sehingga LKSA di Konsel tersebut bisa memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat. Kemudian layak dan legal mendapatkan bantuan dari Pemerintah karena dianggap membantu Pemerintah dalam membina, mengedukasi dan memberi perlindungan anak yang tergolong yatim atau terlantar.

“Kalau Pemerintah Pusat belum bisa memberikan bantuan, tentunya bisa dibantu lewat APBD Konsel,” jelas Bupati Surunuddin.

Akreditasi yang diberikan Kemensos dibagi menjadi dua kategori, yaitu Kategori B (Good) dan Kategori C (Fair). Adapun LKSA yang mendapatkan akreditasi kategori B yakni, LKSA Al Anbawi. Sedangkan kategori C diberikan kepada LKSA lainnya diantaranya, LKSA Al Falaq, LKSA Nahdhatul Wathan, LKSA Majmun Nahdhatul Wathan, LKSA Al Hidayah Angata.

Sementara itu, Pamungkas, Mantan Ketua DPRD Konsel ini mengatakan pemberian akreditasi tersebut, tidak terlepas dari sinergitas Kemensos dengan dengan Dinas Sosial (Dinsos) Konsel, yang rutin melakukan pembinaan tentang pemberdayaan ekonomi.

Saat menyerahkan Akreditasi tersebut, Bupati Surunuddin didampingi Kadis Sosial Edwin Koodoh, Sekdis Sosial Surdin L, Direktur RSD Konsel Dr Boni Lambang Pramana dan Kabag Ekonomi Gunawan Syah. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top