KOLAKA TIMUR

Tingkatkan Produksi Pertanian, Bupati Koltim Serahkan Bantuan Pupuk

KOLAKAPOS, Tirawuta — Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) H Tony Herbiansyah menyerahkan bantuan pupuk phonska plus kepada kelompok tani di tiga tempat hari ini yakni di Kecamatan Loea, Ladongi dan Tirawuta, Rabu (3/6).

Bupati Koltim H Tony Herbiansyah berharap semoga covid-19 ini dapat berlalu. Karena sangat mengganggu semua termasuk petani. “Ini harus di maklumi, apalagi banyak anggaran dipotong,” ujarnya.

Selain itu Tony menjelaskan, bahwa pembagian pupuk ini untuk ketahanan pangan nasional. Selain itu juga merupakan penegasan Kementerian Pertanian dalam rangka pasca Covid-19 jangan sampai stok pangan kurang, sehingga Pemerintah pusat menginstruksikan kepada seluruh Kepala Daerah untuk mengantisipasi.

Bupati menambahkan, di Sultra dari 17 Kabupaten/Kota, ada 3 daerah yang menjadi penyanggah pangan di Sultra yakni, Koltim, Konawe dan Konsel, sehingga diharapkan jangan sampai berhenti produksi.

“Saya berharap agar bantuan pupuk ini dapat di manfaatkan, karena kalau produksi padi tinggi maka yang rasakan mamfaatnya juga adalah petani,” paparnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lasky Paemba menuturkan di Koltim ada alokasi bantuan pupuk sebesar 58 ton lebih yang terbagi di 10 Kecamatan dengan 24 kelompok tan.

“Ini merupakan program Pemda di tengah pandemi ini di harapkan petani tidak berhenti berproduksi, dengan bantuan ini di harapkan produksi padi petani lebih meningkat, Pemda sangat paham bahwa daya beli serta kemampuan petani menyediakan saprodi sangat terbatas,” katanya.

Olehnya itu, hari ini Bupati menyerahkan bantuan pupuk secara simbolis di tiga kecamatan sebagai wujud kepedulian Pda kepada petani di Koltim. kemudian dalam 1 ha petani mendapatkan 6 sak kemasan 25 kg, tutupnya.

Bantuan pupuk ini tersebar di 10 Kecamatan dan 435 orang penerima untuk 392 ha sawah. Di kecamatan loea Bupati menyerahkan bantuan pupuk untuk tiga kelompok tani.( M2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top