BUTON UTARA

Jamaah Masjid di Butur Jalani Rapid Test

Tim medis Covid-19 Butur lakukan rapit tes di tempat ibadah. FOTO: Darmawan/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Buranga — Puluhan jamaah masjid At-Taufiq, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan rapit tes usai menjalankan ibadah shalat Jumat. Pengambilan sampel dilakukan oleh tim medis covid-19 di pelataran Masjid At-Taufiq, Jumat, 5 Juni 2020.

Juru Bicara GTC-19 Butur dr Muhammad Ali Badar mengatakan, tujuan dilakukan skrining masif untuk memastikan wilayah Buton Utara masih aman dari penyebaran Covid-19.

“Skrining masif tujuanya untuk mendeteksi kasus, karena tidak bisa dipastikan bahwa Butur ini zona hijau kalu deteksinya kurang. Jadi ibaratnya tidak ada tes, tidaka ada kasus. Jadi bukan berarti kita suda zona hijau merasa aman, kalu suda diskrining masif dalam wilayah Butur, maka kita bisa pastikan bahwa tidak jumpa kasus,” ujar Ali Badar saat ditemui awak media ditempat tersebut.

Ia menuturkan, target setelah tempat-tempat ibadah, selanjutnya sekertariat daerah Pemda Butur, perbatasan Kabupaten Muna-Butur dan Butur-Buton. “Sesuda Masjid, selanjutnya di kantor sekretariat daerah Bupati untuk mewakili populasi yang ada di perkantoran. Setelah itu kita lakukan skrining orang yang melewati perbatasan,” ungkapnya.

Ali Badar mengimbau, kepada masyarakat dalam menghadapi new normal tetap disiplin terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Seperti memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak, serta selalu memperhatikan orang baru masuk dari daerah lain untuk dilaporkan. (k10)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top