BERITA UTAMA

Cuaca Buruk, Kapal Wisata di Kolaka Dilarang Berlayar

KOLAKAPOS, Kolaka — Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kolaka, Hasfar menghimbau dengan tegas agar masyarakat tidak berlayar ke pulau destinasi wisata. Pasalnya, saat ini kondisi cuaca di Teluk Bone sedang tidak bersahabat.

Himbauan itu disampaikan Hasfar saat melakukan patroli gabungan di Pulau Padamarang, Kolaka, Minggu (7/6). “Hari ini kita melakukan patroli gabungan bersama Basarnas, Pos AL, Pol Airud dan KP3 guna memberikan edukasi kepada masyarakat yang berwisata ke Pulau Padamarang. Dimana kondisi cuaca saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan pelayaran,” kata Hasfar.

Dia mengatakan, baru-baru ini telah terjadi insiden kecelakaan laut di sekitar Pulau Padamarang. Setidaknya, terdapat puluhan wisatawan lokal nyaris tak tertolong akibat perahu mesin yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Beruntung, Tim SAR gabungan bergerak cepat melakukan pertolongan. “Minggu ini sudah dua kapal yang memuat wisatawan lokal yang kita evakuasi, yang pertama karena patah as memuat wisatawan 25 orang, dan yang satunya lagi karam memuat 18 orang wisatawan lokal,” jelasnya.

Dia menegaskan, demi keselamatan bersama pihaknya akan menindak tegas pemilik kapal yang nekat membawa wisatawan berkunjung ke pulau wisata tersebut. Hasfar juga meminta para nelayan tidak turun ke laut untuk sementara waktu ini karena gelombang tinggi. “Kita berikan himbauan dulu, jika tetap melanggar akan kita tindak bersama dengan Polres Kolaka. Besok (hari ini, red) kami akan menyurat ke Dinas Pariwisata dan Dinas Perikanan untuk memberikan himbauan kepada mitra pemilik kapal,” tuturnya.

“Kalau bisa untuk sementara waktu jangan ada dulu yang pergi rekseasi ke pulau Lambasina Besar, Lambasina Kecil, Pulau Padamarang dan Pulau Lemo. Ini untuk keselamatan kita bersama,” pungkas Hasfar. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top