METRO KOLAKA

Tim SAR Evakuasi 18 Wisatawan yang Kapalnya Karam

Tim SAR gabungan mengevakuasi 18 wisatawan yang kapalnya karam di sekitar Pulau Maniang, Kolaka, Sabtu 6/6) malam. FOTO: Basarnas Kendari for Kolaka Pos
KOLAKAPOS, Kolaka — Tim SAR gabungan kembali melakukan evakuasi belasan warga yang kapalnya karam di sekitar Pulau Maniang, Kolaka. Kapal karam itu ditumpangi 18 wisatawan lokal yang baru saja melakukan rekreasi di Pulau Miniang dengan menggunakan kapal longboad.
Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi melalui Humas Basarnas Wahyudi mengungkapkan peristiwa longboad karam tersebut terjadi pada Sabtu (7/6) malam, sekitar Pukul 19.26 Wita. “Kami menerima informasi dari salah seorang keluarga korban yang melaporkan bahwa pada pukul 19.26 Wita telah terjadi kecelakaan kapal yakni satu buah Longboat POB 18 orang kandas di karang sekitar perairan Pulau Maniang Kabupaten Kolaka. 18 org POB tersebut merupakan warga Kolaka. Longboat merupakan kapal carteran membawa 18 org POB dari pulau Maniang sehabis melakukan wisata di Pulau tersebut tujuan Kolaka. Pada saat melewati arah utara dari Pulau Maniang, kurang lebih 2 NM Longboat tersebut kandas dan terdapat sedikit kebocoran,” kata Wahyudi melalui rilisnya, kemarin.
Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 20.25 Wita Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju lokasi dengan menggunakan RB 307 dan membawa peralatan pendukung keselamatan lainnya. “Pada pukul 21.40 Wita Tim SAR gabungan dgn menggunakan RB 307 tiba di lokasi dan langsung menemukan longboat tersebut, selanjutnya mengevakuasi 14 orang POB ke dermaga Kolaka dalam keadaan selamat dimana empat orang POB kapten dan ABK melanjutkan perjalanan menuju ke Pomalaa,” terangnya.
“Dan pada pukul 00.40 WITA Ops SAR terhadap satu buah Longboat yg kandas di karang sekitar perairan pulau Maniang dinyatakan selesai dan ditutup,” tambahnya.
Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam evakuasi tersebut yakni Rescuer Pos SAR Kolaka, ABK RB 307, Pol Air Kolaka, KP3 Kolaka, Pos AL Kolaka, Syahbandar dan SAR USN.
Untuk diketahui, sebelumnya pada Kamis (4/6) Tim SAR gabungan juga melakukan evakuasi kepada puluhan wisawatan lokal yang kapalnya mengalami patah as di sekitar Pulau Padamarang. (kal)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top