BERITA UTAMA

Pemkab Muna Sediakan Bantuan Rp 2 Miliar untuk Korban Kebakaran Pasar Laino

LM Rusman Emba Menyediakan Rp2 Miliar Untuk Meringankan Penderitaan Pedagang Korban Kebakaran di Pasar Sentral Laino

KOLAKAPOS, Raha — Bupati Muna, LM Rusman Emba menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah menyiapkan anggaran untuk bantuan  korban kebakaran Pasar Sentral Laino sebesar Rp2 miliar. Hal tersebut diucap orang nomor satu di Bumi Sowite ini pada Kolaka Pos saat ditemui di Rumah Jabatan Bupati, Galampano, Senin (8/6).

Katanya, sumber anggaran bantuan tersebut berasal dari APBD Muna tahun anggaran 2020. “Mereka (pedagang  korban kebakaran) terdampak Covid-19 plus terkena musibah kebakaran. Sehingga kita punya pemikiran, mereka kita berikan bantuan.
Dananya  menunggu  hasil refocusing tahap dua,” cetus pasangan Abdul Malik Ditu.

Anggaran bantuan tersebut terang Rusman akan di ajukan ke DPRD Muna. “Terkait bantuan ini, kita juga akan berbicara dengan DPRD. Sehingga aspek perundang-undangan terpenuhi dan disisi lain juga, kita berharap penanganan yang cepat. Karena saat ini kondisi pedagang pasar sangat memperihatinkan,” katanya.

Supaya pembagian bantuan merata yakni sebesar Rp5juta per pemilik kios aktif berdagang, maka Pemkab Muna akan melakukan verifikasi kepada pemilik kios. “Sesuai hasil pertemuan kita dengan pedagang kemarin ( Minggu, 7 Juni di Pasar Sentral Laino. Red) harus kita verifikasi ulang. Kalau terdampak berdasarkan jumlah kios itu sebanyak 640 kios. Tetapi ada informasi juga, bahwa kios-kios itu ada yang tidak aktif. Itu yang pertama. Kemudian kedua, ada yang dobol. Makanya dalam waktu dekat ini kita akan verifikasi dan kita akan bahas soal berapa besar (jumlah bantuan) dan berapa banyak (padagang yang aktif),” ungkap Rusman.

Dalam waktu dekat kata Rusman, Pemkab Muna akan  melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terkait musibah kebakaran di pasar Sentral Laino yang terjadi pada Jumat dini hari (5/5). Harapanya Pemerintah Provinsi dapat memberikan bantuan. “Dalam waktu dekat ini, kami akan melaporkan musibah kebakaran ini di Provinsi. Mudah-mudahan dari Provinsi juga bisa memberikan bantuan. Sehingga dengan koordinasi ini, dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di pasar,” tandasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top