BERITA UTAMA

Warga Transmigran di Desa Langkoroni Terima Sertipikat Tanah

Pasca Penyerahan Sertipikat Tanah, Masyarakat Foto bersama Bupati Muna, LM Rusman Emba (kedua dari kiri) Kepala Kantor Pertanahan Muna, Rajamuddin (ketiga dari kiri) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Fajaruddin Wunanto (keempat dari kiri)

KOLAKAPOS, Raha — Kunjungan kerja Bupati Muna, LM Rusman Emba di desa Langkoroni kecamatan Maligano disambut baik oleh warga setempat. Pasalnya, dalam kunjungannya itu, Rusman membagikan 461 sertipikat tanah gratis kepada penduduk  transmigran asal Pulau Jawa.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muna, Fajaruddin Wunanto menyatakan, Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) di desa Langkoroni ditempati  sejak  2012-2013. Selanjutnya, pasca dilakukan pembinaan selama lima tahun, tepatnya pada Desember 2017 silam, pengelolaan UPT Langkoroni diserahkan ke Pemkab Muna.

“Memang dulu penyerahan UPT dibarengi perbaikan sarana dan prasaran seperti balai desa, Pustu dan Masjid. Tetapi,  begitu diserahkan kepada Pemda Muna, maka kewajiban Pemda untuk merenovasi sarana dan prasarana tersebut,” ungkapnya

Ditempat yang sama,  Bupati Muna, LM Rusman Emba mengungkapkan, warga transmigran tersebut telah menunggu selama delapan tahun sertipikat tanah mereka. Bahkan pasangan Abdul Malik Ditu ini menegaskan,  sertipikat tanah yang telah diterima tersebut merupakan legalitas kepemilikan tanah yang sah. Sehingga ketika ada yang mencoba merampas, segera laporkan kepada pihak berwajib. “Kita bersatu untuk mewujudkan harapan dan rencana kita, meski masih ada rencana yang belum terkabulkan,” katanya

Senada, Kepala Kantor Pertanahan Muna, Rajamuddin mengatakan, kegiatan penyerahan sertipikat tanah tersebut merupakan kegiatan 2019 yang  sedianya ditarget 864  sertipikat.

“Pada kesempatan ini yang dibagikan berjumlah 461 sertipikat. Sisanya akan diupayakan secepatnya. Perlu diketahui semua ini berkat perjuangan Bupati Muna. Penempatan subjek dan objek ditetapkan Bupati karena kami mengukur berdasarkan itu,” pungkasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top