BUTON UTARA

32 Warga Diduga Kontak Pasien Positif Corona Akan Jalani Tes Swab di Butur

KOLAKAPOS, Buranga — Sebanyak 32 warga yang diduga kontak erat dengan satu pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) akan menjalani tes swab di Buton Utara (Butur). Langkah ini untuk memastikan ada atau tidaknya penularan Covid-19 terhadap warga tersebut.

Juru Bicara GTC-19 Butur dr Muhammad Ali Badar mengatakan, dengan adanya kasus baru Covid-19 di wilayah Kabupaten Butur, tim gugus tugas akan segera melakukan pengambilan sampel swab kepada warga yang sudah kontak erat dengan pasien satu positif Covid-19 di Butur.

“Jadi Orang Tanpa Gejala (OTG) itu berjumlah 32 orang, dari 32 orang itu, besok Kamis tanggal (11/6/2020), juga akan dilakukan pemeriksaan swab. Petugas laboratorium kita yang dari RSUD Butur yang langsung pemeriksaan swab di Puskesmas Wakorumba Utara,” ujar Ali Badar di media center Covid-19 Butur, Aula Bappeda Butur, Rabu, 10 juni 2020 malam.

Ia katakan, setelah pengambilan swab 32 orang tersebut pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan swab kepada warga cluster KM. Dorolonda yang sempat melarikan diri.

“Itu kemungkinan kita akan lakukan pemeriksaan swab juga pada klaster KM Dorolonda yang sempat melarikan diri, bersama keluarganya. Saya sudah hubungi pihak Desa dan Kecamatan maupun puskesmas setempat untuk mediasi supaya mereka bisa dilakukan tes swab, karena pasien 1 positif ini dari klaster KM.Dorolonda,” ungkapnya

Ali Badar menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan swab maka bisa menentukan apakah ini importir case atau transmisi case, kalau importir case berarti dapat dari luar, sementara kalau transmisi case, berarti sesama mereka dapat.

“Sementara sisanya kita tunggu sampel yang ada, kalau seandainya ada yang positif bukan lagi sisa dari 32 orang, maka kontak yang positif ini kita akan cari,” sambungnya.

Untuk diketahui, satu pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) itu merupakan kasus perdana diwilayah Kabupaten Butur. Pasien tersebut saat ini masih akan menjalani karantina 14 hari di RSUD Butur, guna menunggu pengambilan swab yang kedua kalinya. (k10/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top