KOLAKA TIMUR

Pemdes Talata Optimalkan Penggunaan Dana Desa

Bangunan kantor TK Paud Desa Talata. FOTO: Sofyan/ Kolaka Pos

Bangun Gedung TK/Paud dan Jalan Usaha Tani

 

KOLAKAPOS, Tirawuta — Pemerintah Desa Talata, Kecamatan Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur memanfaatkan kucuran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2020 dengan melakukan pembangunan di bidang infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa Talata, Budiman mengatakan saat ini di desanya sementara membangunan jalan usaha tani, gedung TK dan Paud dan jambanisasi masyarakat. Menurutnya, pembangunan jalan usaha tani sangat dibutuhkan untuk menunjang akses menuju lokasi pertanian masyakarat di desanya. Sementara tujuan pembangunan jambanisasi yaitu meningkatkan sejahteraan masyarakat yang diawali dari kesehatan sebagai modal dasar menuju kesejahteraan. Begitu pula pembangunan gedung TK dan Paud sangat dibutuhkan untuk menunjang pendidikan masyarakat. “Saat ini sudah mulai berjalan bahkan sudah ada yang selesai, seperti jalan usaha tani. Sedangkan pembangunan kantor TK Paud dan jambanisasi sementara berjalan,” kata Budiman, kemarin (10/6).

Menurutnya, pelaksanaan ketiga pembangunan tersebut merupakan keputusan rapat bersama masyarakat. “Program pembangunan sebelum dana desa keluar saya selaku Kades bersama aparat desa dan masyarakat terlebih dahulu melakukan rapat yaitu membahas apa yang hendak akan dikerjakan setelah dana keluar. Dan hasil keputusan itulah yang kami lakukan berdasarkan RAB-Des,” ujarnya.

Budiman menambahkan, dengan adanya dana desa pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik. Ia pun meminta dukungan aparat dan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pembangunan yang sementara berlangsung. “Untuk itu saya selalu menyampaikan kepada rekan kerja saya, para aparat desa untuk selalu kita bersama sama bekerja sesuai tupoksi masing-masing. Dan tidak ada alasan untuk tidak bekerja, sebab gaji honor aparat desa sangat tinggi,” imbuhnya.
Terpisah, beberapa sejumlah masyarakat Desa Talata memberikan pujian atas kinerja pemerintah desa yang telah melakukan pembangunan di berbagai sektor. “Pembanguna didesa Talata sudah cukup baik, sekarang ini kami sedang menunggu untuk dibangunkan jamban,” kata salah seorang warga Talata. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top