METRO KOLAKA

USN Bakal Terapkan Protokol Kesehatan saat UTBK SBMPTN

Prof. Dr. Ruslin Hada

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka kembali melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN, Prof. Dr. Ruslin Hadanu, M.Si mengatakan calon mahasiswa yang sudah mendaftar untuk mengikuti ujian pada jalur ini kurang lebih 1.000 pendaftar. Jumlah inilah yang juga akan mengikuti pelaksanaan UTBK di Kampus Merah Marun itu.

“Asal calon mahasiswa yang sudah melakukan pendaftaran tersebar di 27 provinsi di Indonesia. Alhamdulilah USN Kolaka sudah banyak diminati,” katanya ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (16/6).

Prof Ruslin menjelaskan pelaksanaan UTBK hanya akan difokuskan di kampus USN di Jalan Pemuda, Kolaka. UTBK akan digelar empat sesi setiap hari, kecuali hari Jumat hanya dua sesi.

Di sela antar sesi, kata dia, panitia ujian di USN Kolaka akan membersihkan ruangan dan perangkat yang dipakai sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19. Menyediakan sarana cuci tangan dan hand sanitizer di setiap ruangan ujian. Tak hanya itu, panitia juga akan mengatur jarak duduk setiap peserta dengan jarak 1-2 meter. Rencananya, dalam satu ruangan akan diisi oleh 25 peserta UTBK. Sehingga, dapat mencegah potensi penularan Covid-19 tersebut. “Kita sudah berkoordinasi dengan tim gugus tugas kabupaten. Mereka sudah memberikan rekomendasi terkait hal apa saja yang harus dilakukan panitia,” terangnya.

Untuk seluruh peserta UTBK diwajibkan memakai masker selama proses melakukan ujian, mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah ujian, duduk dengan jarak aman 1 meter sampai 1,5 meter. “Pelaksanaan UTBK ini dilakukan sesuai standar protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang diatur pemerintah,” ucapnya.

Tahun ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) rencananya akan menggelar UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 5-12 Juli 2020. Lokasi tesnya tersebar di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, termasuk USN Kolaka dengan jadwal pendaftarannya dimulai dari 2 – 20 Juni 2020.

Jalur SBMPTN kali ini, USN membuka pendaftaran pada 29 program studi dari 30 program studi yang tersedia pada perguruan tinggi negeri dengan julukan kampus merah marun itu.
“Kita buka semua program studi yang ada di USN Kolaka, hanya minus D3 Keperawatan,” pungkasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top