KONAWE SELATAN

Fraksi Demokrat DPRD Konsel, Temukan Banyak Proyek Tidak Maksimal 2019

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Konsel, Ramlan saat membacakan tanggapan terhadap LKPJ Bupati Konsel Tahun 2019

KOLAKAPOS, Andoolo — Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupupaten Konawe Selatan (Konsel), Ramlan, mengapresiasi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Konsel Tahun 2019 dapat diselesaikan dengan baik dan sistematika sesuai ketentuan yang berlaku, hal itu disampaikannya saat rapat Paripurna DPRD Konsel belum lama ini, Kamis (18/6).

Namun ada beberapa catatan berdasarkan hasil tinjauan lapangan, terhadap sejumlah proyek pada pelaksanaan APBD 2019, dimana Fraksi Demokrat banyak mendapati pekerjaan yang dilaksanakan tidak maksimal, sehingga merekomendasikan terhadap Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU PR) Konsel, diantaranya pekerjaan pengembangan jaringan perpipaan SPAM IKK Basala untuk Desa Basala, Desa Lipu Masagena, Desa Epeesi dan Desa Iwoi Mendoro, Anggaran Sebesar Rp 1,5 M. kondisi saat ini tidak berpungsi alias tidak mempunyai asas manfaat.

“Pengembangan jaringan perpipaan SPAM IKK Kolono untuk Desa Lamapu, Desa Rambu-rambu dan Desa Roda, Anggaran sebesar Rp. 1.350.000,000.00, kondisi saat ini tidak berfungsi alias tidak bermanfaat,” jelas Ramlan.

Lanjutnya, untuk Dinas Kesehatan Konsel adanya pembangunan gedung Puskesmas Tinanggea, kondisi saat ini lantai longsor akibat timbunan tidak dipadatkan, plapon ruangan dan samping bocor, 7 kamar mandi tersumbat/tidak berfungsi, lantai garasi depan tidak di tegel, atap garasi UGD tidak diplat dan kunci pintu tidak berfungsi.

“Untuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RS Konsel adanya pembangunan gedung UGD RS Kabupaten dimana kondisi saat ini adanya perembesan air pada plapon yang diakibatkan pembuangan pipa air Ac, 1 unit wastapel ruangan tidak berfungsi, 1 unit kamar mandi tidak berfungsi, pagar tangga tidak dicat,” bebernya.

Untuk Sekretariat Daerah, sambung Ramlan adanya pembangunan Kantor Camat Landono (DAU), nilai pagu 1.8 M pelaksana kegiatan CV Putra Kencana Pratama, Kondisi saat ini pekerjaan belum selesai pada bagian lantai/tehel dan sebagian plapon sudah mengalami kebocoran.

“Selanjutnya pembangunan Kantor Camat Konda, kondisi saat ini pekerjaan belum selesai, pemasangan tehel lantai dasar dan instalasi listrik yang belum rampung dikerjakan,” ungkapnya.

Sehubungan dengan rekomendasi yang disampaikan Fraksi Partai Demokrat, Ramlan berharap menjadi catatan penting bagi Bupati Konsel, dalam rangka penyelenggaraan Pemerintah Daerah, serta diharapkan agar segera memangkas belanja modal dan belanja pengadaan barang jasa. Demi mengurangi beban Daerah sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Fraksi Partai Demokrat juga berpendapat terhadap LKPJ Bupati Konsel Tahun 2019, untuk dapat ditindak lanjuti dan dijadikan rekomendasi secara komperhensif,” tukasnya.(k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top