KONAWE SELATAN

Semua Puskesmas di Konsel Dicanangkan Punya Layanan Rawat Inap

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga usai memberikan arahan kepada dokter dan Kepala Puskesmas di Konsel. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga, akan mewujudkan pelayanan kesehatan yang optimal, sebagai salah satu sektor penunjang keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan, dengan memaksimalkan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Eksistensi Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat, menjadi salah satu fokus pemegang otoritas tertinggi di Konsel ini. Hal tersebut diutarakannya saat memberikan arahan dihadapan dokter dan Kepala Puskesmas yang ada di Konsel yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Konsel, Minggu (21/6).

“Saya menginginkan Puskesmas kita, bukan lagi hanya menjadi tempat untuk memberi rujukan, tapi bisa berfungsi memberikan pelayanan optimal dengan rawat inap,” ungkapnya.

Bupati Surunuddin menyebutkan ukuran majunya suatu daerah, dapat dilihat dari layanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Artinya, infrastruktur yang memadai serta kepedulian yang tinggi dari petugas kesehatan menjadi hal yang penting dan sebagai ujung tombak keberhasilan suatu daerah terutama dibidang kesehatan.

“Dalam hal ini, ada dua hal yang menjadi perhatian khusus Pemerintah Daerah (Pemda), yakni prioritas layanan kesehatan ke daerah pelosok serta program Indonesia sehat,” katanya.
Untuk itu, Bupati berharap upaya membuat layanan kesehatan bisa dirasakan masyarakat bukan hanya tugas Pemda, tetapi juga harus diimplementasikan oleh seluruh petugas kesehatan.

“Saya ingin kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama, tidak hanya di Rumah Sakit Daerah saja tetapi seluruh Desa yang ada di Konsel,” imbuhnya.
Surunuddin juga mengatakan, tahun depan Pemda akan lebih memperhatikan petugas kesehatan yang ada di pelosok Desa.

”Kita berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada pegawai kesehatan yang mampu menjalankan amanah dan tugasnya di Desa-desa pelosok, tetapi hal tersebut harus dikorelasikan dengan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” tukasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Konsel, Maharayu mengatakan, jumlah tenaga dokter yang ada di Konsel berjumlah 43, dengan rincian dokter umum 30 orang dan dokter gigi 13 orang.

Sebelum kegiatan pertemuan tersebut dilaksanakan kegiatan rutin senam sehat bebas Covid-19 di halaman Rujab Bupati. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Konsel Arsalim, Sekda Konsel Sjarif Sajang, ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin dan para kepala OPD Konawe Selatan. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top