METRO KOLAKA

Lurah Lamekongga Optimis Tuntaskan Jamban Warga Tahun Ini

Lurah Lamekongga Jainul Dusu, S. Kep

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Lurah Lamekongga, kecamatan Wundulako Jainul Dusu, yang baru saja dilantik pada April lalu terus melakukan pembenahan diseluruh wilayahnya.
Selain melakukan penataan wilayahnya, Jainul Dusu juga menargetkan ditahun ini menuntaskan jamban bagi warga yang belum memilikinya.

“Insya Allah tahun ini target saya dikelurahan Lamekongga sudah 100 persen jamban, artinya semua rumah sudah memiliki jamban, sehingga warga Lamekongga tidak ada lagi yang buang air besar (BAB) disembarang tempat,” kata lurah Lamekongga Jainul Dusu saat ditemui media ini, Kamis (25/6).

Sebagai langkah awal kata Jainul, pihaknya secara bertahap telah menyalurkan puluhan bantuan paket jamban kepada masyarakat.

“Jadi ada 23 jamban yang akan kita buat, dimana bantuan ini merupakan inisiatif saya yang kami jadikan salah satu program kami untuk menuntaskan jamban dirumah warga dan kami juga bekerjasama dengan pihak Dinkes Kolaka dalam pencapaian target tersebut,” akuhnya.

Sehingga, sambung Jainul, outputnya di tahun ini sudah 100 persen jamban di kelurahan Lamekongga sehingga tidak ada lagi masyarakat yang BAB disembarang tempat, khususnya warga yang berada di bantaran sungai.

“Jadi kami targetkan dulu masyarakat yang berdomisili di pinggir sungai ataupun disaluran irigasi. Dan saat ini ada sekitar 50an warga yang belum memiliki jamban, sehingga tahun ini kita akan tuntaskan melalui terobosan kami pada program Babst (buang air besar disembarang tempat, red). Kami akan membenahi semua fasilitas umum di masyarakat,” tutupnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top