METRO KOLAKA

USN Umumkan Perubahan Jadwal UTBK SBMPTN 2020

kampus USN Kolaka

KOLAKAPOSNEWS.COM, KOLAKA -Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengumumkan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 mengalami perubahan. Pelaksanaan tes UTBK yang semula akan dilakukan empat sesi diubah menjadi hanya dua sesi per hari.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN, Prof.Dr Ruslin Hadanu mengatakan jadwal baru pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 tersebut berdasarkan rilis Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui konferensi daring pada Rabu (24/6) lalu. Pelaksanaan UTBK SBMPTN digelar tanggal 5 sampai 14 Juli 2020 untuk tahap pertama. Sementara, tahap kedua digelar pada tanggal 20 sampai 29 Juli 2020. “Perubahan jadwal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 dan mengutamakan kesehatan peserta dan penyelenggara,” kata Prof Ruslin kepada wartawan, Senin (29/6).

Ruslin menambahkan, perubahan jadwal ini bukan hanya terjadi di USN Kolaka, tetapi secara nasional. Adapun mekanisme pelaksanaannya, peserta yang awalnya mendapatkan jadwal sesi ganjil (1 dan 3) mengikuti UTBK pada tahap pertama tanggal 5 – 14 Juli. Sementara peserta yang mendapatkan jadwal sesi genap (2 dan 4) mengikuti ujian pada tahap kedua tanggal 20 – 29 Juli.

Awalnya, terang Ruslin, pelaksanaan UTBK hanya diagendakan satu tahap. Untuk sesi 1 mulai pukul 09.00 Wita, sementara sesi 2 mulai pukul 14.00 Wita. Jeda waktu yang ada nantinya digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi. “Semua peserta diharapkan kehadirannya sesuai jadwalnya pada tanggal 5 – 14 Juli dan 20 – 29 Juli. Tahap pertama, sesi 1 dan 3, dimana sesi 3 itu menjadi sesi 2. Tahap kedua, sesi 2 menjadi sesi 1 dan sesi 4 menjadi sesi 2,” jelasnya.

Bagi peserta dari luar daerah atau dari luar Sultra yang tidak bisa datang ke Kolaka, Ruslin meminta agar secepatnya melapor kepada panitia UTBK USN. Sehingga panitia UTBK USN segera mengirim surat kepada panitia UTBK Nasional untuk force majeure pelaksanaannya pada tanggal 30 Juli – 2 Agustus.

“Namun bila itu tidak memungkinkan, maka panitia UTBK USN akan melaporkan ke Panitia UTBK Nasional, agar Panitia UTBK Nasional bisa mengkomunikasikan dengan sekolah-sekolah yang ada fasilitas komputer di daerahnya,” terangnya.

Peserta tes juga diharapkan bisa proaktif untuk menyampaikan keluhannya ke laman helpdesk melalui saluran informasi resmi. “Kemudian bila ada calon mahasiswa yang memilih UTBK di Makassar maupun di daerah lainnya, bisa mengikuti UTBK di USN Kolaka. Sudah banyak peserta yang melapor, tidak bisa masuk Makassar, jadi ujiannya di USN Kolaka. Jadi tetap komunikasi dengan Panitia UTBK USN, nanti panitia yang komunikasi dengan panitia UTBK Nasional,” tambahnya.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 ini mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid-19. Peserta dan panitia wajib mencuci tangan dan menggunakan masker, serta diukur suhu badannya sebelum pelaksaan tes. Selain itu, panitia UTBK USN selalu mensterilkan komputer sebelum dan sesudah digunakan oleh peserta. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top