BERITA UTAMA

USN Anggarkan Rp350 Juta Perbulan untuk Subsidi Pulsa Mahasiswa

Wakil Rektor II USN, Vita Astini

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Kampus Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menganggarkan dana sebesar Rp350 juta perbulan untuk subsidi pulsa mahasiswa dan dosen dalam melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring).

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan USN Kolaka, Vita Astini menjelaskan akses internet menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi mahasiswa dan dosen selama pelaksanaan kuliah online dari rumah. Oleh karena itu, untuk meringankan mereka pihak kampus memberikan bantuan subsidi pulsa data.

Vita merinci, terdapat lebih dari 6.000 mahasiswa aktif dan dosen mendapatkan bantuan subsidi pulsa data tersebut. Untuk setiap mahasiswa diberikan bantuan pulsa sebesar Rp50 ribu per bulan, sementara dosen dibantu pulsa Rp100 ribu. “Anggaran yang disiapkan setiap bulannya sekitar Rp350 juta. Hitungan estimasi kasarnya seperti itu,” kata Vita, kemarin (2/7).

Untuk bantuan subsidi pulsa ini USN menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia jasa internet atau provider. Untuk tahap pertama bantuan pulsa diberikan selama dua bulan (Juni-Juli). Hanya saja menurut dia, pemberian bantuan ini akan dievaluasi dengan melihat perkembangan pandemi Covid-19. “Untuk sementara yang dianggarkan dua bulan, tapi nanti kita lihat kalau ke depan ternyata bentuk kuliahnya masih seperti saat ini (online) akan dievaluasi lagi,” ucapnya.

Vita membahkan, pemberian bantuan pulsa berdasarkan data mahasiswa aktif dari fakultas melalui program studi (prodi) masing-masing. Prodi melakukan pendataan nomor telepon mahasiswa yang aktif beserta provider yang digunakan. Nantinya, dari data tersebut ketika anggarannya sudah tersedia, akan dibayarkan kepada provider. “Jadi provider yang mengisikan pulsa ke mahasiswa dan juga dosen ketika dananya sudah tersedian. Kan kami sekarang dalam proses revisi anggaran tersebut,” pungkasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top