METRO KOLAKA

Pembersihan Pantai dan Dasar Laut Warnai HUT Antam

KOLAKAPOS, Kolaka — Momentum HUT PT Antam Tbk UBPN Sultra yang ke-52 tahun yang jatuh pada 5 Juli, dilaksanakan beda dari perayaan tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan akibat adanya pandemi Covid-19 yang masih meresahkan.

Untuk memperingati HUT Antam tahun ini, PT Antam yang tergabung dalam Antam Diving Club (ADC) melakukan kegiatan Coastal and Sea Bed Clean Up, yakni pembersihan pantai dan dasar laut dari sampah-sampah yang merusak lingkungan.

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan dua komunitas penyelam, yakni Kolaka Diving Club (KDC) dan Komunitas Pencinta Alam Laut (KAPAL) Kolaka, Minggu pagi (5/7).
Mine Environmental Mngt. Asistant Manager Taufik Ahmady selaku ketua ADC mengatakan, pelaksanaan Coastal and Sea Bed Clean Up 2020 ini dilakukan di Pulau Padamarang serta dasar laut sekitarnya.

Kegiatan ini dilakukan dengan membersihkan satu segmen pantai selebar 100 meter, serta melintang ke arah laut sampai dengan kedalaman 8 meter. Dari kegiatan ini diperoleh 7 net bag sampah yang didominasi sampah plastik sebanyak 121.2 kilogram (Kg).

“Selain sampah plastik, berbagai sampah kaca, kaleng maupun karet juga ditemukan. Sampah ini kemudian dibawa ke Pomalaa untuk dibuang pada fasilitas pengelolaan sampah di TPA Antam,” katanya.
Diakuinya, membawa kembali sampah yang dihasilkan ketika menikmati alam, merupakan bentuk tanggung jawab semua sebagai manusia.

“Seandainya semua orang melakukan hal tersebut tentu saja semua tempat wisata akan tetap bersih, karena tidak semua tempat ada petugas kebersihan maupun tempat sampahnya,” imbuh ketua ADC, yang juga sehari-hari bertugas melakukan pengelolaan lingkungan di area tambang PT. Antam Tbk UBPN Sultra.
Usai melaksanakan kegiatan pembersihan pantai dan dasar laut, kegiatan dilanjutkan dengan pembentangan spanduk ucapan selamat ulang tahun untuk PT. Antam yang ke 52 tahun.
Ucapan selamat dan harapan disampaikan oleh Ketua KAPAL Kolaka Muhammad Amsyar Saputra.

Dalam penyampaiannya Muhammad Ansyar Saputra berharap agar PT Antam semakin berjaya dan tetap berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pemerintah.

“Alhamdulillah kami dari KPA KAPAL Kolaka dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang berwawasan lingkungan, terutama lingkungan laut. Selama beberapa tahun ini ADC juga banyak mengajarkan kami tentang pelestarian laut, terutama rehabilitasi terumbu karang. Harapan kami semoga Antam semakin jaya dan sukses selalu. Antam best,” terangnya.

Sementara itu, Rahadian Setiadi, selaku ketua KDC juga yang juga bertugas pada Agency Dept. PT. Antam menambahkan, menikmati keindahan laut, berarti juga menjaganya. Semakin serius menjaga laut, maka dapat menikmati keindahan lebih lama.

“Antam sebagai perusahaan tambang sudah semakin tua dan dewasa. Semoga Antam juga semakin perduli terhadap pelestarian lingkungan.

Harapan dari kami semua, semoga Antam semakin sukses, maju serta senantiasa berwawasan lingkungan. Mari kita jaga laut senantiasa sehat dan bersih, sebagaimana rumah kedua kita. Underwater world is our second habitat,” harapnya. (k9/c)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top