BERITA UTAMA

BLKK Kolaka Kembali Buka Pelatihan Kejuruan

BLKK Kolaka saat memberikan arahan kepada peserta pelatihan sebelum memulai kegiatan pelatihan. Foto: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Setelah sempat vakum beberapa bulan lalu akibat pandemi Covid-19, Unit Pelaksana Teknis Dinas Balai Latihan Kerja dan Keterampilan (UPTD BLKK) Kolaka akhirnya kembali membuka pelatihan kejuruan berbasis kompetensi sejak Selasa (11/8) lalu.

Kepala BLKK Kolaka I Nyoman Warta mengatakan, pihaknya telah membuka kembali kegiatan pelatihan, hal ini dikarenakan Pemda Kolaka telah mengizinkan untuk dilakukannya kembali kegiatan pelatihan.

“Sejak Selasa (11/8) kemarin kami sudah kembali membuka pelatihan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus pada bulan Maret lalu,” katanya saat ditemui media ini, Kamis (13/8).

Dalam pelaksanaan kegiatan, kata Nyoman Warta, pihaknya menerapkan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan. Adapun kegiatan pelatihan akan dilaksanakan hingga September mendatang.

“Kami telah menyiapkan wastafel perkelas, karena mereka berinteraksi secara langsung dan siswa pelatihan juga saat masuk keruangan wajib menggunakan masker,” ucapnya.

Diakuinya, akibat wabah virus Covid-19, dana pelatihan sempat ditarik kembali oleh pemerintah pusat, namun diakhir Juni lalu dananya kembali disiapkan, namun dengan sumber dana yang berbeda.

“Awalnya dana APBN ditarik namun akhir bulan lalu muncul kembali dengan sumber dana yang berbeda, melalui bantuan penerimaan negara bukan pajak. Sehingga kita kembali melaksanakan seperti semula yakni 25 kelas, dimana 7 kelas itu sudah selesai mengikuti pelatihan dan 8 kelas sudah siap pesertanya. Jadi kedepannya sisa 10 kelas yang akan kita buka lagi,” jelasnya.

Untuk diketahui, program pelatihan yang dibuka UPTD BLKK Kolaka yakni pengoperasian mesin bubut, pemeliharaan kendaraan ringan sistem konvensial (mobil), pemasangan listrik bangunan sederhana, penggambaran 2D dengan sistem CAD, computer operator assistant, asisten pembuat pakean, pembukaan roti dan kue. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top