METRO KOLAKA

TP PKK Sebar Ribuan Masker di Tambea

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Pembagian masker gratis di tengah wabah Covid-19 dinilai perlu digencarkan, untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya protokol kesehatan. Apalagi masih banyak masyarakat yang acuh tak acuh menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Melihat pentingnya penggunaan masker dalam rangka memutus rantai penularan dan penyebaran Covid-19, TP PKK kabupaten Kolaka bersama TP PKK kecamatan Pomalaa membagikan seribu masker kepada masyarakat Tambea, kecamatan Pomalaa, kebupaten Kolaka, Rabu (19/8). Hal ini juga sesuai dengan instruksi pemerintah pusat terkait Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker).

“Seperti yang kita ketahui bahwa semula WHO merekomendasikan penggunaan masker bagi orang sakit, namun sekarang WHO telah merekomendasikan semua orang baik saat sehat, sakit maupun saat beraktivitas di luar rumah. Ini merupakan langkah antisipasi mengingat masih ada kasus positif Covid-19 ditengah masyarakat yang tidak menunjukkan gejala,” ujar ketua TP PKK kabupaten Kolaka Herti Safei, yang diwakili wakil ketua TP PKK kabupaten Kolaka, Ende Jayadin.

Menurutnya, PKK kabupaten Kolaka juga akan menyiapkan ribuan masker yang akan dibagikan kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa memiliki lebih dari satu masker. Sebab berdasarkan anjuran pemerintah pusat agar setiap masyarakat minimal memiliki empat masker. Sehingga pihaknya berharap agar peran dari pihak terkait bisa ikut membantu dalam pengadaan masker agar program empat masker setiap orang bisa diwujudkan.

“Jadi setiap orang miniman ada 4 masker jadi jika dalam satu keluarga ada 5 orang maka minimal ada
20 masker yang disiapkan dalam rumah tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, ketua TP PKK kecamatan Pomalaa Rismawati Mirdan menjelaskan, saat ini kasus Covid-19 terus bertambah setiap harinya, sehingga diharapkan peran semua masyarakat agar selalu mematuhi himbauan dan protokol kesehatan.

“Kita ketahui bahwa kasus Covid-19 ini diseluruh Indonesia masih terjadi peningkatan dan untuk kabupaten Kolaka yang saya dengar infonya, bahwa bukan lagi orang luar yang akan membawa virus corona karena kita sudah transmisi lokal, sehingga untuk masyarakat kabupaten Kolaka jangan lengah dengan hal ini. Karena penyakit ini masih ada dan kapan saja bisa menyerang kita. Sehingga saya mengajak agar kita selalu berperilaku hidup bersih, makan makanan yang bergizi seimbang dan aman, kemudian protokol kesehatan selalu diperhatikan, sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Jika itu yang kita terapkan Insya Allah kita akan terhindar dari Covid-19,” imbuhnyanya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top