BERITA UTAMA

Bupati Koltim Imbau Pj Kades Nelombu Gunakan DD Tepat Sasaran

Bupati Koltim Tony Herbiansyah (kiri) melantik Pj Kades Nelombu Azis Masuri Rahim (kanan). Foto Dinas Kominfo Koltim

KOLAKAPOSNEWS.COM,  Tirawuta — Adanya kekosongan pimpinan di desa Nelombu, mengharuskan bupati Koltim Tony Herbiansyah, melantik Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Nelombu Azis Masuri Rahim, bertempat di Aula Desa Nelombu, Kecamatan Mowewe, selasa (25/08/).

“Saya berharap kepada Pj kades menjalankan tugas dengan baik sampai adanya kades definitif. Untuk Nalembu ini kita kasih Pj Kades Eselon III. Saya berpesan kepada pejabat Kades, agar mampu menjalankan tugasnya sebagai Kades dan tidak meninggalkan tugasnya sebagai kepala Bidang di Perkebunan,” urainya.

Ia berharap, agar Pj Kades yang baru untuk melanjutkan tugas yang telah dilakukan Kades sebelumnya, begitupun dengan penggunaan anggaran harus benar-benar efektif dan tepat sasaran. “Kita ketahui Dana Desa (DD) dari Pemerintah ditujukan ke Desa tujuanya untuk memakmurkan rakyat, untuk kesejahteraan masyarakat. Olehnya itu, Pj Kades harus melakukan pengelolaan DD secara transparan sehingga tidak ada keraguan,” imbuhnya.

Dirinya juga menegaskan agar Pj Kades tidak semena-mena melakukan pergantian aparat Desa. Ia juga berpesan, agar Inspektorat, DPMD serta Camat untuk melakukan pengawasan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Koltim, Kusram Maroli mengatakan, Pj Kades bertugas selain menjalankan roda pemerintahan juga mempersiapkan pemlihan antar waktu, serta menyiapkan anggaranya di APBDes.

“Sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri penundaan Pilkades serentak dan PAW termasuk didalamnya juga karena Covid-19,” katanya saat diwawancara usai pelantikan.

Untuk diketahui, Kades Nalembu yang lama Abdul Muiz wafat, sehingga dengan adanya kekosongan pemerintahan dipandang perlu dilantik Penjabat Desa yang baru. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top