KOLAKA TIMUR

Bupati Koltim Panen Perdana Sorgum

Bupati Koltim H. Tony Herbiansyah didampingi ketua TP PKK Koltim, Hj.Surya Adelina saat perdana Sorgum

KOLAKAPOSNEWS.COM, Tirawuta — Bupati Kolaka Timur H.Tony Herbiansyah melakukan panen perdana sorgum di demplot sorgum desa Mokupa kecamatan Lambandia. Panen turut dihadiri ketua TP PKK Koltim, Hj.Surya Adelina Tony Herbiansyah, Jumat (21/08/20).

Sorgum sendiri merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan kelima setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Tony mengatakan hasil panen sorgum akan dipasarkan ke Jakarta dan Surabaya. Pada tahap selanjutnya, ia akan mendorong agar pembeli sorgum hadir sendiri melihat potensi sorgum Koltim. “Agar pembeli dapat melihat sendiri kualitas sorgum dan luas arealnya di sini. Karena keinginan pembeli itu ada stok yang berkesinambungan sehingga stok pabrik selalu tersedia,” ungkapnya.

Panen sorgum yang dilakukan itu kata Tony merupakan wujud dukungan pemerintah untuk konsistensi dan kesinambungan sorgum di Koltim. Warga kata Tony, harus memanfaatkan momentum tersebut, mengingat penanaman sorgum juga merupakan program dari pemerintah pusat sehingga kedepannya, sorgum akan lebih terkenal. “Kami berharap warga ramai-ramai menanam sorgum sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga. Kami juga sudah mendukung dengan menyiapkan mesin pengupas sorgum,” jelasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Koltim, Lasky Paemba, mengatakan harga pasaran sorgum saat ini mencapai Rp4000 perkilogram. Target pemasaran potensialnya di Jakarta dan Surabaya. (m2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top