BERITA UTAMA

Program SEGITIGA MAS dan SIKES Maksimalkan Pelayanan Kesehatan di Sekolah

Kadis Kesehatan Kolaka Harun Masirri.

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Pemkab Kolaka telah meluncurkan program Sekolah Giat Membangun Masyarakat Sehat (SEGITIGA MAS) dan aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Sekolah (SIKES), pada Juni lalu, yang tentunya sangat membantu tenaga paramedis dalam memantau status kesehatan warga sekolah, yang terdiri dari murid, karyawan sekolah, orang tua murid, serta masyarakat yang tinggal di sekitar sekolah, guna meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, yang pada akhirnya memunculkan generasi sehat dan sumber daya manusia unggul.

Kadis Kesehatan Kolaka Harun Masirri menjelaskan, program SEGITIGA MAS ini tentunya berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, khususnya di lingkungan sekolah. Apalagi ada kaitannya dengan pelayanan gizi, dengan pemberian makanan tambahan bagi peserta didik, tetapi lebih luas meliputi pemberian pemahaman tentang jenis-jenis makanan yang bergizi, seimbang dan manfaat konsumsi makanan bergizi.

“Programnya terus berjalan. Program dan aplikasi SIKES digunakan oleh petugas kesehatan yang bertugas di usaha kesehatan sekolah (UKS). Jadi nanti tinggal dievaluasi saja kemudian dilihat disini setiap kegiatannya apa yang dilakukan dan perkembangan disetiap sekolah,” katanya saat ditemui media ini, Selasa (1/9).

Selain itu, pihaknya juga nantinya akan membuat suatu pos terpadu, yang akan digunakan oleh siswa dan juga masyarakat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Jadi nanti itu kita rencanakan ada pembinaan terpadu penyakit tidak menular di sekolah. Jadi disitu akan ada screening kesehatan misalnya hipertensi, kolesterol dengan asam urat. Jadi semuanya bisa terpantau sejak dini,” tutupnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top