KONAWE SELATAN

Survei PPI 60 Persen Petahana, Surunuddin – Rasyid Sulit Ditumbangkan di Pilkada Konsel

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia Ras MD (Kanan) Saat Memberikan Keterangan. FOTO: Kadamu/Sultra Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kendari — Lembaga Survei Parameter Publik Indonesia (PPI) merilis hasil temuan dan analisis surveinya untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) 9 Desember 2020 mendatang.

Lembaga survey tersebut melakukan survei di Kabupaten di bawa pimpinan Surunuddin Dangga pada tanggal 20 sampai 26 Agustus 2020 dengan menggunakan sampling dengan jumlah responden 1000 orang.

Pengambilan sampling dilakukan dengan wawancara tatap muka responden munggunakan kuesioner dengan margin error 3,16 persen.

Berdasarkan hasil survei dengan simulasi 4 nama calon Bupati Konsel, elektabilitas petahana Surunuddin Dangga tertinggi mencapai angka 56,4 persen, kemudian disusul Irham Kalenggo diposisi kedua dengan angka 18,4 persen, disusul posisi ketiga Muhammad Endang dengan angka 7,6 persen, posisi terakhir Rusmin Abdul Gani dengan angka elektabilitas sebesar 3,0 persen, dan sebesar 14,6 persen rahasia.

Sementara itu, hasil survei elektabilitas dengan simulasi tiga calon, tanpa nama Irham Kalenggo, elektabilitas petahana mencapai 60,0 persen, kemudian Endang dengan 9,2 persen, posisi ketiga Rusmin Abdul Gani dengan elektabilitas mencapai 5,8 persen. Sisanya, sebesar 25,0 persen masih rahasia. “Hasilnya, posisi dukungan Surunuddin Dangga sebagai petahana makin perkasa dan sulit untuk ditumbangkan. Angkanya sudah menembus 60 persen,” tegas Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia Ras MD. Kamis, (03/09).

Sedangkan dua kompetitor lainnya tambah Ras, seperti Muh Endang dan Rusmin Abdul Gani berjarak di atas 40 persen dengan petahana. Selisih yang terpaut sangat jauh membuat langkah para penantang menumbangkan petahana sangat berat. “Dengan selisih yang sangat jauh sehingga sangat berat untuk mengalahkan petahana,” paparnya.

Tak hanya itu, Ras MD juga menyampaikan, berdasarkan temuan survei menunjukan ada lima faktor Surunuddin Dangga kian perkasa di Pilkada Konsel 9 Desember 2020 mendatang

Pertama, jumlah kompetitor lebih dari dua pasang kandidat. Konsentrasi pemilih yang tidak menginginkan petahana kembali memimpin, pecah di dua pilihan.

Kedua, tidak masuknya Irham Kalenggo sebagai peserta makin menguntungkan posisi petahana. Pasalnya kecenderungan pemilih Irham bermigrasi lebih besar ke Surunuddin Dangga daripada ke Muh Endang maupun Rusmin Abdul Gani.

Ketiga, persepsi kepuasan atas kinerja Surunuddin Dangga sebagi Bupati di atas 80 persen.

Keempat, persepsi keberhasilan terhadap tugas Surunuddin Dangga sebagai Bupati pun di atas 80 persen.

Kelima, rapor hijau terhadap empat aspek kehidupan masyarakat. Baik politik, ekonomi, hukum dan keamanan. Mayoritas publik menilai empat aspek ini sangat memuaskan. “Dengan demikian saya tegaskan, petahana semakin kuat dan sulit untuk ditumbangkan di Pilkada Konsel,” tutupnya. (P2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top