BERITA UTAMA

Mahasiswa Tiga Jurusan USN KKN di desa Tikonu

Puluhan mahasiswa USN Kolaka dari tiga jurusan bersama pemerintah desa Tikonu usai melaksanakan seminar kegiatan KKN. Foto: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka dari tiga jurusan, yakni Bahasa Inggris, Geografi dan jurusan administrasi publik, melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Tikonu, kecamatan Wundulako, selama sebulan.

Adapun agenda utama yang akan dilaksanakan selama melaksanakan kegiatan KKN, yaitu melakukan kegiatan sosial dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat.

Ketua kelompok KKN I Nyoman Indah Hartini mengatakan, selama kegiatan KKN pihaknya akan melaksanakan berbagai macam kegiatan, dalam membantu masyarakat dan juga pemerintah desa.

“Jadi akan banyak kegiatan yang akan kami laksanakan, dan kami akan melakukan dengan semaksimal mungkin, agar dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan pemerintah desa Tikonu,” katanya saat ditemui media ini, Selasa (8/9).

Adapun, kata Indah sapaan akrabnya, rincian kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu sosialisasi new normal sekaligus memberikan masker gratis kepada masyarakat, karena masih sangat kurang penggunaan masker.

Kegiatan selanjutnya yaitu peningkatan SDM dengan melaksanakan pelatihan, menggunakan auto grafis dan desain grafis karena ini merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan, karena basic untuk aparat desa salah satunya harus bisa mengoperasikan komputer. Apalagi komputer menjadi salah satu sarana penting dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, karena diharapkan aparat desa bisa mengembangkan kemampuannya.

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan sehingga diharapkan peran masyarakat, untuk sama-sama melakukan gotong royong dan kegiatan yang menunjang kebersihan, karena saat sekarang ini sangat dibutuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan.

“Fokus kerja kami juga akan mengajar anak-anak dan kami tidak fokus mengajarkan bahasa Inggris saja, akan tetapi juga mengajar mengaji dan menghitung serta membaca,” akuhnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan agar pemerintah dan masyarakat desa Tikonu bisa selalu bersama-sama bersinergi, dalam menyukseskan program KKN tahun ini.

“Kami berharap agar kami selalu difasilitasi dan didukung pada semua kegiatan yang akan kami lakukan, agar bisa terlaksana dengan semaksimal mungkin,” harapnya.

Sementara itu, kepala desa Tikonu Indrawan Abbas mengaku, akan siap membantu dan memfasilitasi setiap program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh adik-adik mahasiswa.

“Intinya kami akan selalu membantu dan melakukan koordinasi, jadi semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Dan kita harapkan kehadiran mereka disini akan memberikan pengalaman tersendiri,” singkatnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top