BUTON UTARA

Pemkab Butur Gandeng Mitra Kerja Lawan Covid-19

Pelepasan tim pengawasan Covid-19 dari TNI dan Kepolisian Buton Utara. FOTO: Darmawan Kolaka Pos 

KOLAKAPOSNEWS.COM, Buranga — Mensukseskan Pemlilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020, Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Pemkab Butur) bersama KPU, Bawaslu, DPRD, TNI dan Polri melaksanakan kegiatan sosialisasi di Hotel Wasilomata, Kecamatan Kulisusu, Kamis (10/9/2020).

Kegiatan ini mengusung tema, “Pilkada Aman Dengan Protokol Kesehatan Lawan Covid-19 di Buton Utara”.

Pj Sekda Butur Burhanudin mengungkapkan, situasi dunia bahkan di Indonesia berada dalam kondisi yang memprihatinkan dengan adanya wabah Covid-19, daya tular yang luar biasa sehingga dituntut untuk merubah perilaku sehari-hari yang semula tidak bisa menjadi sebuah keharusan.

Pemerintah dari pusat sampai ke daerah telah sigab menerapkan aksi kuratif maupun preventif dan membentuk perangkat-perengkat terstuktur berupa gugus tugas atau satuan tugas, perangkat UU, metode, prosedur, SOP, fasilitas medis, karantina, serta obat obatan.

Munculnya kebiasan baru bernama “Protokol Kesehatan” berupa kebiasaan menggunakan masker, senantiasa mencuci tangan dengan sabun hingga menjaga jarak menjadi kebiasaan. Upaya itu dilakukan guna memutus rantai penulara, setidaknya meninimalisir resiko percepatan daya tular yang masif menjadi terkendali.

Olehnya itu, Ia mengimbau kepada semua warga Buton Utara, utamanya yang terlibat langsung dalam proses Pilkada, mulai dari KPUD, Bawaslu, pasangan calon, tim sukses, pendukung, simpatisan serta masyarakat umum agar protokol kesehatan diterapkan dimanapun dan kapanpun selama Covid-19 masih mengancam kehidupan.

“Pemilu yang damai, lancar dan sukses menjadi harapan kita semua. Sesuai visi misi Kabupaten Buton Utara, keamanan menjadi hal pokok dan mutlak kita wujudkan, dan hal ini dapat kita capai dengan gemilang apa bila semua masyarakat dalam situasi aman, baik dari ancaman kekerasan, intimidasi, atau pun teror, tetapi juga dari ancaman penyakit yang bisa merenggut korban jiwa seperti Covid-19 ini,” tandasnya.

Pada kegiatan ini dirangkaikan pengangkatan duta Covid-19, penandatanganan deklarasi dami menyonsong Pilkada Buton Utara, dan pelepasan tim pengawasan Covid-19 dari TNI dan Kepolisian. (k10/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top