BERITA UTAMA

Upgrade Skill TIK Generasi Milenial Kolaka

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Bimtek berbasis SKKNI di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (16/9). FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Sebanyak 55 generasi milenial Kolaka mengikuti pelatihan bimbingan teknis (Bimtek) dan sertifikasi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di salah satu hotel di Kolaka, Rabu (16/9). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan skill kepada generasi milenial calon tenaga kerja di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Asisten II Setda Kabupaten Kolaka, Mustajab mengatakan Bimtek digelar untuk menyiapkan dan meningkatkan kompetensi generasi muda di tengah persaingan dunia kerja dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
Menurutnya, pemanfaatan teknologi hanya bisa dilakukan oleh sumber daya manusia yang kompeten. Ke depan, kompetensi yang dibukti dengan sertifikat menjadi hal yang diprioritaskan dalam penerimaan tenaga kerja.

“Generasi muda sudah mulai harus menyiapkan bekal dalam menghadapi kemajuan teknologi saat ini. Mengikuti dengan baik bimbingan ini, sehingga bisa mempunyai sertifikat,” ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Kolaka, Muhammad Arnan Amri menambahkan bimbingan teknis dan sertifikasi ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan oleh kementerian di Kabupaten Kolaka. Kata Arnan, ini akan berlangsung selama lima hari, mulai 16-20 September 2020. “Dengan melihat begitu banyaknya pelaku-pelaku usaha online, sehingga memang perlu dikembangkan, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini,” kata Arnan.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar, Ruslan Harun mengatakan tahun ini kegiatan SKKNI dilaksanakan di Kabupaten Kolaka, dan satu daerah lainnya di Sultra. “Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya dalam jaringan (online), tetapi juga di luar jaringan (offline). Jadi harapan kami agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan niat yang baik dan serius, karena output dari kegiatan ini dapat menjadi peluang bagi peserta dan diberdayakan oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top