BERITA UTAMA

Bupati Sebut Peluang Usaha di Kolaka Menjanjikan

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sultra dan Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari, menggelar kegiatan pelatihan peningkatan produktivitas dan wirausaha baru produktif kepada para pelaku usaha di kabupaten Kolaka.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei itu akan berlangsung selama lima hari sejak 23-27 September, dan diikuti oleh 45 peserta yang berasal dari nasabah dan mitra binaan BPR Bahteramas Kolaka, BPR Haralata Kolaka dan PMI Kolaka, yang bertempat di aula Balai Latihan Kerja dan Keterampilan (BLKK) Kolaka.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan usaha baru di kabupaten Kolaka, yang cukup menjanjikan. Kemudian menambah wawasan bagi masyarakat, guna melihat potensi usaha yang akan dikembangkan.

Olehnya itu, ia berharap agar para peserta betul-betul mengikuti pelatihan ini, agar ilmu yang diberikan nantinya bisa dikembangkan guna membuka peluang usaha.

“Di kabupaten Kolaka ini, banyak peluang usaha yang bisa kita kembangkan salah satunya menjadi pengepul barang bekas, yang mana usaha ini cukup menguntungkan,” katanya.

Menurut bupati Kolaka dua periode ini, masyarakat harus mulai mengembangkan usaha pada bidang atau sektor lain (berwirausaha), yang pastinya dapat menjanjikan kesejahteraan. Jangan hanya selalu berharap pada penerimaan CPNS saja.

“Jangan berpikiran pendek, mulai sekarang harus berpikir untuk semakin memperkaya diri,” imbuhnya.

Diakuinya, seringkali ia mendapatkan keluhan dari masyarakat menyoal kesulitan anggaran saat ingin memulai maupun mengembangkan usahanya. Hal tersebut, bukanlah menjadi suatu kendala untuk bisa produktif.

“Jadi ketika membutuhkan modal usaha, maka masyarakat silahkan ke Bank mengajukan permohonan bantuan modal usaha. Selama proposal yang diusulkan lengkap dan memenuhi persyaratan, saya kira Bank yang ada di Kolaka bisa membantu memfasilitasi modal usaha tersebut,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPP Kendari, Andi Asriani Koke menjelaskan, pelatihan ini dibagi menjadi dua paket yaitu pelatihan kewirausahaan dan produktivitas. Sasaran kegiatan pelatihan ini terdiri dari sektor pemerintah, dunia usaha, akademisi dan masyarakat.

Meskipun saat ini masyarakat sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19, akan tetapi mereka harus tetap produktif. Untuk itu, pihaknya berupaya memberikan pelatihan, agar nantinya ada peningkatan produktivitas.

“Kalau hari ini pelaku usaha memiliki omzet atau labanya Rp1 juta, maka setelah mengikuti pelatihan ini bisa meningkat atau bertambah. Itulah produktivitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Perbarindo Sultra, Ahmat mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan kelembagaan dan meningkatkan kompetensi nasabah dan mitra binaannya, yang selama ini terkena dampak pandemi Covid-19.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe ini menuturkan, bila dengan adanya pelatihan tersebut secara tidak langsung memberikan manfaat bagi nasabah dan mitra binaan, untuk mengembangkan produktivitas usahanya.

Berbekal pengetahuan dan penguatan konstruksi berpikir selama pelatihan, maka nasabah dan mitra binaan bisa mengelola bisnis dengan mengeluarkan ide-ide baru. Supaya nasabah dan mitra binaan bisa bertahan menjalankan usahanya dengan lancar sekalipun di tengah pandemi Covid-19.

“Kalau kompetensinya sudah dipenuhi dan iklim usahanya sudah berjalan normal, otomatis mereka bisa memenuhi kewajibannya di Bank dan kesejahteraannya bisa tercapai,” terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga melibatkan PMI Kolaka dalam kegiatan pelatihan ini. Keterlibatan PMI Kolaka ini dimaksudkan agar saat membantu masyarakat, relawan bisa menjadi perpanjangan tangan BPR Bahteramas maupun BPR Haralata dalam memberikan pemahaman dan pemikiran ide kepada masyarakat.

“Pelatihan ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Kolaka saja. Sebelumnya pelatihan serupa juga telah dilaksanakan di kabupaten lainnya seperti Kendari, Konawe, Konawe Selatan dan Bombana,” bebernya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Utama BPR Bahteramas Kolaka, Sahriana, Direktur Utama BPR Haralata Kolaka, Gendron Panjaitan, dan Ketua Markas PMI Kolaka, Andi Wahida. Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan pembagian masker sebanyak 1.500. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top