BERITA UTAMA

Mahasiswa KKN USN Latih Desain Grafis Aparat Desa Tikonu

Mahasiswa USN Kolaka saat menggelar pelatihan bagi aparat desa di desa Tikonu kecamatan Wundulako. Foto: Neno/Kolaka Pos.

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Guna meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) bagi aparat desa, mahasiswa USN Kolaka angkatan VII yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Tikonu, kecamatan Wundulako, menggelar pelatihan microsoft office dan desain grafis bagi aparat desa, dengan menghadirkan pemateri dari kabupaten, Kamis (24/9).

Salah satu mahasiswa USN Kolaka Tiwi mengatakan, salah satu program kegiatan KKN yang dilaksanakan di desa Tikonu yakni melakukan pelatihan desain grafis. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas SDM aparat desa. Apalagi saat ini perkembangan Iptek terus meningkat setiap saat.

“Alhamndulillah hari ini kami bisa melaksanakan kegiatan pelatihan bagi aparat desa Tikonu, dan kita harapkan kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan pengetahuan teman-teman aparat desa,” katanya.

Pemateri desain grafis Muhammad Ibnu mengatakan, desain grafis itu sangat penting bagi industri dan bisnis, karena semua yang ada disekitar masyarakat itu tak lepas dari desain grafis. Salah satu contohnya pola baju dan motif-motif jilbab, yang dipake para kaum wanita itu melalui proses desain grafis, termasuk gambar-gambar. Bahkan tanda-tanda jalan dengan baliho semua dikerjakan oleh desain grafis.

“Kenapa perlu ada desain grafis, karena itu sangat penting bagi kita karena desain grafis tak pernah lepas dari keseharian kita, sehingga desain grafis sesuatu hal penting untuk kita pelajari,” ucapnya.

Dijelaskannya, kategori desain grafis itu secara garis besarnya itu ada printing atau percetakan mulai dari stiker, majalah, koran, baliho dan spanduk itu masuk dalam kategori printing, kemudian web desain.

“Jadi ilmu dasar di desain grafis itu hanya dua, yaitu vector dan bitmap,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu aparat desa Tikonu, Azis bersyukur bisa mengikuti kegiatan pelatihan, sehingga bisa menambah ilmu dan pengalaman. Apalagi baru kali ini ada mahasiswa KKN yang melaksankan kegiatan pelatihan bagi aparat.

“Kami berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang sudah memfasilitasi kegiatan pelatihan ini, semoga kedepannya wawasan aparat desa Tikonu terus bertambah,” singkatnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top