BERITA UTAMA

Ratusan ASN Kolaka Ikuti Pemetaan Kompetensi Jabatan

BKPSDM Kolaka saat menggelar tes Pemetaan Kompetensi Jabatan bagi ASN lingkup Pemkab Kolaka. Foto: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Pemkab Kolaka melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kolaka, menggelar tes Pemetaan Kompetensi Jabatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemda Kolaka. Kegiatan yang dipusatkan di ruangan CAT BKPSDM Kolaka diikuti 420 peserta, yang dihadiri langsung kepala BKN kantor regional (KanReg) VI Makassar Harun Arsyad, dan akan dilaksanakan selama dua hari 28-29 September.

Kepala BKPSDM Kolaka Andi Tenri mengatakan, kegiatan yang dilaksakan itu bertujuan untuk melihat sejauh mana ketepatan penempatan pegawai berdasarkan kompetensi, kemampuan dan minat ASN di kabupaten Kolaka.

“Hasil dari tes dapat dijadikan bahan acuan bagi BKPSDM, untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian penempatan pegawai yang sudah dilakukan. Ini merupakan program BKPSD untuk melihat kompetensi jabatan pelaksana, apakah pekerjaan pegawai sudah sesuai dengan jabatan saat ini,” katanya saat ditemui media ini, Senin (28/9).

Dijelaskannya, tes merupakan gambaran diri dengan dua pilihan rumpun jabatan, seusai kualifikasi pendidikan dan minat.

Selain itu, tes ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Kolaka saja, namun di seluruh daerah lain di Indonesia.

“Hasil tes ini bisa dijadikan dasar BKPSDM untuk melakukan pembinaan. Kalau belum sesuai, kekurangaannya diperbaiki lewat diklat. Kalau masih kurang juga ya dimutasi. Hasil tes ini bisa dijadikan dasar BKPSDM untuk melakukan pembinaan. Kalau belum sesuai, kekurangannya diperbaiki lewat diklat,” jelasnya.

Semantara itu, Kepala BKN KanReg VI Makassar Harun Arsyad, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BKPSDM Kolaka, yang telah melaksanakan pemetaan kompetensi jabatan pengawas dan administrator di Pemkab Kolaka.

“ASN harus meningkatkan profesionalisme dan peningkatan kinerja, maka dengan pemetaan nanti ASN bisa diketahui dimana tempat yang cocok untuk mereka. Pastinya setiap ASN harus jelas karirnya,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten III Wardi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat untuk ASN Kolaka.

“ASN memang perlu mengikuti pemetaan. ASN Kolaka juga selalu berusaha untuk lebih baik. Pastinya harus dilakukan ASN yang pertama mematuhi kode etik dan menjalankan kewajiban sesuai dengan integritas, kalau ini ditumbuhkan dalam diri ASN Kolaka akan baik,” singkatnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top