BERITA UTAMA

Dikbud Kolaka Bakal Sosialisasikan Tata Cara Adat Mekongga

Kabid Kebudayaan Kolaka Drs. Munaser Arifin, M.Hum

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kolaka, bakal melaksanakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan adat Mosehe Wonua dan Mombee Samba Kai pada pekan depan.

Rencananya kegiatan tersebut bakal diikuti puluhan peserta dari perwakilan tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi lembaga adat Mekongga.

Kadis Dikbud Kolaka Salamansyah melalui kepala bidang (Kabid) Kebudayaan Munaser Arifin mengatakan, salah satu program yang akan dilaksanakan pada tahun ini, yakni melaksanakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan adat Mosehe Wonua dan Mombee samba kai.

Hal ini dilakukan agar masyarakat kabupaten Kolaka, khususnya para regenerasi muda bisa paham akan adat budaya suku Mekongga.

“Insya Allah pekan depan kita akan melaksanakan kegiatan sosialisasi tata cara pelaksanaan adat Mosehe Wonua dan Mombee Samba Kai,” katanya saat ditemui media ini, Selasa (6/10).

Adapun kata mantan camat Wundulako ini, tujuannya kegiatan sosialisasi yakni memberikan pemahaman kepada masyarakat, sekaligus menyatukan persepsi tentang tata cara pelaksanaan adat Mosehe Wonua, sehingga tidak ada lagi simpang siur dan perbedaan pendapat terkait cara pelaksanaan Mosehe Wonua.

“Pelaksanaan Mosehe Wonua itu dilaksanakan secara islami, sehingga sudah ada perubahan pasca kerajaan Mekongga memeluk agama Islam. Sehingga kita harapkan melalui kegiatan nanti akan menyatukan persepsi dan memberikan pemahaman. utamanya bagi regenerasi sehingga tidak melupakan adat istiadatnya ditengah perkembangan zaman yang terus moderen,” ucapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi nanti, lanjut wakil raja Mekongga ini, pihaknya bakal menyiapkan buku panduan kepada para peserta.

“Nanti dalam sosialisasi tersebut peserta akan diberikan buku panduan, cara pelaksanaan adat Mosehe Wonua. Kita akan laksanakan di aula kantor Dikbud Kolaka,” tutupnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top