BERITA UTAMA

1.398 Mahasiswa Baru USN Ikuti PKKMB Secara Virtual

Rektor USN, Azhari membuka kegiatan PKBBM dengan memakaikan jas almamater secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa baru, di Gedung Rektorat USN, Rabu (21/10). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Kegiatan ini digelar secara virtual selama tiga hari, 21 – 23 Oktober 2020. Rektor USN, Azhari membuka kegiatan PKBBM dengan memakaikan jas almamater secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa baru, di Gedung Rektorat USN, Rabu (21/10).

Rektor mengatakan, penyelenggaraan PKKMB ditengah pandemi Covid-19 memiliki kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya, mahasiswa baru lebih dapat memanfaatkan teknologi informasi, khususnya mencari informasi keilmuan secara global. Sementara kekurangannya, mahasiswa tidak bisa saling berinteraksi sosial langsung dengan lingkungan kampus dan civitasnya. “Ini merupakan sebuah keunggulan, karena tidak bisa dipungkiri ke depan kita tidak bisa lepas dari pengaruh teknologi informasi yang terus berkembang,” kata Azhari.

Rektor juga menitip pesan kepada seluruh mahasiswa baru agar membiasakan diri dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan informasi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini, di mana mahasiswa maupun dosen dituntut untuk selalu beraktivitas secara online.

Hal lainnya yang disampaikan Azhari kepada mahasiswa baru agar tidak berkecil hati karena kuliah di USN Kolaka. Saat ini, pihaknya sedang berbenah melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran seperti gedung perkuliahan, perpustakaan, laboratorium, dan auditorium. “Mahasiswa baru harus fokus meningkatkan pengetahuan dan mengasah kemampuan agar di masa depan bisa menjadi orang yang berguna dan membanggakan siapa saja,” pungkasnya.

Ketua Panitia PKKMB USN, Rabiah Adawiyah mengatakan PKKMB dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom. Kata dia, seyogyanya jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKBBM virtual sebanyak 1.398 orang, namun karena keterbatasan kapasitas aplikasi zoom maka hanya diikuti 961 peserta.

Wakil Dekan I FTI USN Kolaka ini menuturkan bagi peserta-peserta tersebut, USN Kolaka memfasilitasi live streaming YouTube. Jadi, peserta tetap bisa mengetahui materi-materi yang dipaparkan oleh pemateri dalam kegiatan PKKMB. “Sebanyak 1.398 yang sudah melakukan pendaftaran ulang. Karena aplikasi zoom yang digunakan hanya berkapasitas seribu peserta, jadi semua tidak bisa ikut,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan PKKMB, kata dia, dua hari di lingkup universitas dan satu hari di lingkup fakultas. Materi di lingkup universitas, pada hari pertama dan kedua, disampaikan oleh pemateri eksternal USN Kolaka yakni Kejaksaan Negeri Kolaka, Polres Kolaka, Kodim 1412 Kolaka, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka, BNN Kolaka. “Mereka memberikan materi tentang radikalisme, bela negara, serta kehidupan berbangsa dan bernegara. Juga penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 dan pencegahan bahaya narkoba,” tambahnya.

Sementara pemateri dari internal USN Kolaka dibawakan oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Vita Astini, dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Ruslin Hadanu. Materi yang disampaikan seputar kegiatan dan proses akademik kemahasiswaan. Sedangkan, pada hari ketiga pelaksanaan PKKMB, agenda kegiatan diserahkan ke fakultas masing-masing. Sebutnya, panitia universitas tidak akan mencampuri agenda kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia fakultas. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top