BERITA UTAMA

Kolaka Target Bebas Stunting

Puluhan guru PAUD saat mengikuti kegiatan training of trainer (ToT) percepatan pencegahan dan penurunan stunting selama tiga hari. Foto: Neno/Kolaka Pos

Puluhan Guru PAUD Ikut Dilatih

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Guna memberikan pemahaman kepada para pendidik, Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kolaka menggelar kegiatan training of trainer (ToT) percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Kolaka, yang diikuti 20 peserta dari kalangan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), digelar selama tiga hari, yakni 26-28 Oktober bertempat di aula Dikbud Kolaka.

Peserta dalam kegiatan pelatihan tersebut, merupakan utusan dari 10 desa lokus dan 10 desa penyangga di wilayah kabupaten Kolaka.

Kepala Bidang PAUD Dikbud Kolaka, Tola mengatakan, peserta mendapatkan materi tentang seribu hari pertama kehidupan, pola pengasuhan dan praktek pendalaman materi.

Nantinya mereka akan menjadi kader pelopor, yang mempunyai pemahaman komprehensif mengenai stunting dan siap berperan aktif menjadi agen perubahan dan percepatan penanggulangan stunting di kabupaten Kolaka.

“Jadi setelah selesai mengikuti pelatihan, mereka akan melatih lagi orang-orang di desanya masing-masing. Sehingga tiap satu orang yang sudah kita latih, nanti akan melatih dua orang lagi, begitu seterusnya,” katanya ditemui media ini, beberapa waktu lalu.

Mereka diharapkan bisa menyebarluaskan dan mengaplikasikan materi yang diberikan oleh pemateri, kepada pengajar PAUD, perangkat desa, petugas posyandu, tim penggerak pemberdayaan dan kesehatan keluarga dalam bentuk rencana aksi.

“Jadi ada peran masing-masing untuk mencegah stunting ini. Mereka dibekali sertifikat sehingga bisa dipercaya di desa,” tambahnya.

Dengan begitu, kata dia, terjadi percepatan pencegahan dan penurunan stunting di wilayah masing-masing dapat terwujud. Ditargetkan, dalam kurun waktu dua tahun bisa menjangkau 100 desa di Bumi Mekongga.

“Pada tahun 2024 mendatang kabupaten Kolaka bisa bebas dari kasus stunting. Untuk itu, perlu peran dan dukungan dari semua pihak terkait untuk menurunkan kasus stunting ini,” tutupnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top