BERITA UTAMA

Dinkes Kolaka Gelar Bimtek Keamanan Pangan Untuk Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga

Dinkes Kolaka saat menggelar Bimtek keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangga. Foto: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Dinas Kesehatan Kolaka menggelar bimbingan teknis (Bimtek) keamanan pangan bagi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), yang bertujuan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada masyarakat Kolaka, disalah satu hotel di Kolaka, Senin (2/11).

Kegiatan yang diikuti 40 pelaku usaha itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Harun Massiri, bersama sekretaris Dinas Kesehatan Asmaria Ibrahim, Kepala BPOM Sultra Muh. Rusydi Ridha, LPPOM MUI Reni E Dega.

Kepala Dinas Kesehatan Kolaka Harun Masiri mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni untuk meningkatkan efektivitas sistem pengawasan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), meningkatkan keamanan dan mutu produk PIRT yang beredar, sehingga dapat bersaing di pasar modern baik pasar domestik maupun internasional, serta meningkatkan kompetensi SDM pengawas makanan sesuai standar yang telah ditetapkan.

Apalagi IRTP memiliki peranan penting dalam sistem keamanan pangan. Penyakit bisa datang jika konsumsi pangan yang tidak aman. Sehingga Pemerintah Kabupaten Kolaka perlu memberikan perhatian prioritas terhadap pengembangan, pembinaan dan pengawasan pada IRTP tersebut.

“Hal tersebut dilakukan agar produk PIRT yang ada di Kolaka dapat bersaing di pasar modern, baik pasar domestik maupun internasional,” katanya.

Olehnya itu, dirinya berharap melalui Bimtek Keamanan Pangan Untuk Pelaku Usaha Industri Rumah Tangga Pangan, para pelaku usaha bisa mengasilkan produk pangan yang memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan kelayakan konsumsi pangan.

“IRTP harus selalu cermat untuk mengetahui perkembangan produknya yang layak konsumsi sehat dan aman,” harapnya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top