MUNA

Muna dan Butur Zona Merah Pilkada

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs. Yan Sultra Indrajaya (tengah) bersama Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, Plt Bupati, Abdul Malik Ditu, dan Paslon akronim Terbaik serta Rapi. FOTO: Ahmad

Satu Kompi Brimob dan Satu Pleton TNI 725 BKO di Muna

KOLAKAPOSNEWS.COM, Raha — Polri telah memetakan daerah rawan konflik Pilkada serentak 9 Desember nanti. Dari tujuh daerah di Sultra, dua daerah yakni Muna dan Buton Utara masuk zona merah dengan tingkat kerawanan Pilkada cukup tinggi.

Saat berkunjung di Muna, Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatakan langsung merespon hal tersebut dengan menambah kekuatan pengamanan di Muna dan Butur. Khusus Muna, Polda Sultra telah menerjunkan satu Kompi Brimob untuk BKO di Muna. Selain itu, Polda Sultra juga dapat tambahan satu pleton prajurit TNI AD yonif 725/Woroagi yang diterjunkan Komandan Korem (Danrem) 143 Haluoleo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan. “Personil kita pertebal untuk menjaga situasi agar Pilkada berjalan dengan damai,” ujarnya saat kunjungan kerja di Muna, Kamis (3/12)

Menurutnya, langkah antisipasi yang dilakukan TNI dan Polri tersebut bertujuan agar proses pemungutan suara pada 9 Desember mendatang berjalan aman, lancar, damai dan kondusif. “Karena Muna dan Butur indeks kerawanannya tinggi, maka kami lakukan konsolidasi bersama para prajurit TNI/Polri, Pemkab, KPU, Bawaslu dan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,” katanya.

Lebih lanjut perwira tinggi Polri berpangkat dua bintang dipundak ini mengatakan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi rupanya Muna masih dalam keadaan kondusif. Riak-riak kecil yang terjadi selama masa kampanye dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut berkat sinergi antara KPU, Bawaslu dan Paslon sehingga seluruh persoalan dapat teratasi dengan baik. “Situasi Muna masih berjalan dengan baik dan kondusif,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu pula, Kapolda Bumi Anoa ini mengimbau pada seluruh masyarakat dan Paslon agar bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan. Ia menilai, masyarakat Muna semuanya adalah saudara. “Silahkan berdemokrasi dengan baik. Jangan terpengaruh dengan hasutan. Pilihlah sesuai hati nurani,” pintanya.

Untuk di etahui, dalam kunjungannya ke Muna, Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya bersama Danrem 143 Halu Oleo, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan bertatap muka bersama Plt Bupati, Abdul Malik Ditu, Ketua KPU, Kubais, Ketua Bawaslu, Al Abzal Naim dan kedua Paslon, LM Rusman Emba-Bachrun dan Laode M Rajiun Tumada-La Pili. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top