BERITA UTAMA

Pengaspalan Jalan Tiap Kecamatan Dilanjutkan

Kadis PU Kolaka Arifin Jamal BD, S. STP, M. Si

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Pengaspalan jalan disetiap kecamatan merupakan salah satu program unggulan Pemkab Kolaka, yang sempat tertunda akibat pandemik Covid-19. Namun, tahun ini akan kembali dilaksanakan untuk penunjang infrastruktur di bumi Mekongga.

“Dalam kondisi keuangan kita yang terbatas, namun disisi lain visi-misi itu tetap berjalan yang merupakan janji politik yang dituangkan dalam visi misi makanya pengaspalan jalan disetiap kecamatan masih ada dan akan dilaksanakan tahun ini yang sebelumnya pernah tertunda akibat pandemik Covid-19,” ujar kepala dinas PU Kolaka Arifin Jamal, saat ditemui media ini, Rabu (6/1).

Namun, kata mantan Kabag Pemerintahan Setda Kolaka ini, pengaspalan jalan yang sebelumnya dikerjakan sepanjang dua kilometer setiap kecamatan, akan dikurangi mengingat kondisi keuangan daerah yang belum stabil.

“Kita upayakan dalam setiap tahun itu ditiap kecamatan itu dua kilometer, kalau 12 kecamatan berarti 24 kilometer dikali Rp4 miliar, berarti dana yang harus kita siapkan itu Rp28 miliar, sehingga melihat kondisi keuangan kita hanya bisa melaksanakan satu kilometer setiap kecamatan dan itu kita sudah programkan tahun ini,” ucapnya.

Akan tetapi lanjutnya, tidak menutup kemungkinan ada beberapa kecamatan yang akan mendapatkan pengaspalan jalan lebih dari satu kilometer.

“Tapi ada kecamatan lain yang lebih dari satu kilometer pengaspalannya dan bisa sampai lima kilometer, berarti di kecamatan itu ada dana DAK disitu yang dibiayai oleh pemerintah pusat, karena hampir semua kecamatan yang kita usulkan untuk mendapatkan dana DAK, akan tetapi kebijakan pusatlah yang menentukan kecamatan apa saja yang mendapatkan dana tersebut. Makanya ada sebagian kecamatan yang sering protes dan ini yang tidak bisa menjadi kecemburuan dari kecamatan lain, karena semua itu kebijakan pusat,” terangnya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top