BERITA UTAMA

Reses H. Muhtar di Kolakaasi, Warga Usulkan Perbaikan Drainase dan Jembatan

Anggota DPRD Sultra, H. Muhtar HM turun menyerap aspirasi masyarakat di Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Latambaga, Kolaka. FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Muhtar HM kembali turun menyerap aspirasi konstituennya. Kali ini anggota Komisi III itu menemui warga Kelurahan Kolakaasi, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Jumat (5/2). Di sana, usulan warga didominasi masalah infrastruktur, seperti perbaikan drainase dan jembatan.

Ketua RW 04 Kolakaasi, Muhlis Zakkir mengungkapkan drainase di Jalan Abadi yang merupakan jalan poros Kabupaten Kolaka – Kolaka Utara tidak berfungsi normal. Selain karena ukurannya sempit, juga terjadi pendangkalan. Akibatnya ketika curah tinggi maka air meluap ke jalan dan ke rumah-rumah warga.
“Kelurahan Kolakaasi ini berada pada daerah pesisir pantai dan dekat dengan gunung, sehingga apabila curah hujan tinggi maka debit air yang turun dari gunung sudah tidak mampu ditampung oleh drainase induk di jalan poros. Menurut kami ini solusinya harus dirombak total, baik ukuran maupun kedalamannya. Sehingga nanti bisa mengantisipasi debit air yang turun dari gunung dan tidak lagi menimbulkan banjir,” kata Muhlis.

Beberapa warga Kolakaasi lainnya juga menyampaikan keluhannya kepada H. Muhtar. Seperti meminta perbaikkan jembatan di Jalan Tani, dan normalisasi kali di jalan poros Kolakaasi.

Pantauan di lapangan, jembatan yang dikeluhkan warga tersebut merupakan akses utama menuju perkebunan cengkeh di atas gunung. Jembatan dibuat semi permanen, dengan tiang beton dan lantai kayu. Namun, kondisi lantainya sudah bolong berlubang karena dimakan usia. Jika tidak hati-hati lewat, maka bisa jatuh ke sungai di bawahnya. “Disini sering ada warga yang jatuh pak, karena saat kita lewat lantainya tiba-tiba patah,” kata salah seorang warga kepada H. Muhtar yang turun melihat kondisi jembatan.

Menanggapi aspirasi masyarakat tersebut, H. Muhtar berjanji akan membahasnya di gedung dewan provinsi Sultra. Menurutnya, apa yang dikeluhkan masyarakat Kolakaasi memang patut ditindaklanjuti dan diraslisasikan. “Insya Allah saya akan perjuangkan di DPRD provinsi. Saya akan upayakan maksimal, mudah-mudah ke depan bisa dianggarkan untuk dibenahi semuanya,” ujar wakil rakyat Dapil V (Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur) itu.

Sebelumnya, politisi dari partai Demokrat itu juga melaksanakan reses di Desa Tanggetada, Kolaka, Rabu (3/2). Pada reses ini juga aspirasi masyarakat didominasi masalah infrastruktur.
(kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top