BERITA UTAMA

USN Menjaring Pengganti Azhari

Press rilis yang dilaksanakan di ruang rapat rektor lantai 2 USN Kolaka, Rabu (2/2).

KOLAKAPOSNEWS.COM, KOLAKA – Masa jabatan Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari yang akan berakhir 28 Juni 2022, pihak USN Kolaka telah membentuk panitia pemilihan rektor guna menjaring pengganti Azhari dan melakukan sosialisasi pendaftaran bakal calon rektor periode 2022-2026, hal tersebut disampaikan ketua panitia pemilihan rektor Yahyanto di ruang rapat rektor lantai 2 USN Kolaka, Rabu (2/2).

“Saat ini tahapan pemilihan rektor sudah berjalan, dan sudah memasuki tahapan sosialisasi press rilis melalui medaia lokal dan nasional tentang persyaratan bakal calon rektor USN Kolaka periode 2022-2026,” kata Yahyanto

Tahapan selanjutnya adalah pendaftaran bakal calon. Tahapan sosialisasi pendaftaran itu akan dimulai sejak tanggal 5 hingga 13 Februari 2022. Kemudian pada tanggal 28 Februari hingga 28 maret 2022 akan dibuka pendaftaran bakal calon Rektor USN Kolaka, dan dilanjutkan dengan penjaringan bakal calon pada pada tanggal 2 hingga 14 April 2022.

Olehnya itu dalam tahap penjaringan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon, diantaranya merupakan pegawai negeri sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah yaitu Lektor Kepala.

Selain itu harus memiliki pengalaman manajerial paling rendah sebagai ketua jurusan atau ketua lembaga paling singkat 2 tahun di perguruan tinggi negeri (PTN) dan paling rendah sebagai pejabat eselon II.a di lingkup instansi pemerintah. Selanjutnya ada beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh bakal calon Rektor USN Kolaka.

“Misalnya sudah ada bakal calon rektor yang mendaftar, maka akan kami lakukan verifikasi syarat-syarat bakal calon rektor tersebut. Setelah persyaratan itu terpenuhi, pada 9 Mei 2022 itu kita langsung pada tahapan penyampaian visi misi dan program kerja bakal calon rektor dihadapan sidang senat terbuka yang dapat dihadiri pejabat kementerian atau yang mewakili,” jelas Yahyanto.

Yahyanto menjelaskan, apabila bakal calon rektor yang mendaftar dan lolos syarat-syarat bakal calon rektor kurang dari empat orang maka akan panitia akan memperpanjang masa pendaftaran paling lama sepuluh hari, namun jika setelah masa perpanjangan pendaftaran telah berakhir dan bakal calon rektor yang mendaftar masih kurang dari empat orang, maka ketua senat menunjuk dosen yang memenuhi syarat untuk didaftarkan sebagai bakal calon rektor paling lambat 24 April 2022.

Sementara itu, Ketua Senat USN Kolaka, Yuli Purbaningsih berharap pemilihan Rektor USN Kolaka nantinya dapat berjalan aman dan lancar sampai akhir penetapan Rektor yang terpilih.

“Semoga jadwal dan tahapan pemilihan rektor dapat berjalan lancar karen telah mendapat persetujuan oleh kementerian, dan tidak ada kendala hingga proses pelantikan rektor yang baru,” harapnya (kal)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!