BERITA UTAMA

Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

KOLAKAPOSNEWS.COM — Peringatan hari lahir Pancasila saban tahun dirayakan setiap 1 Juni. Hari lahir Pancasila menjadi hari libur nasional ditetapkan melalui keputusan presiden (kepres) nomot 24 tahun 2016. Keputusan tersebut diharapkan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi negara.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengajak seluruh rakyat Indonesia mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila telah disepakati seluruh rakyat Indonesia sebagai ideologi bangsa. Sebuah ideologi yang telah terbukti dan teruji mampu mempersatukan rakyat Indonesia. “Melalui hari lahir Pancasila, 1 Juni 2022, mari bangkit bersama membangun peradaban dunia. Salam pembaharuan. Kami PASTI,” ujar Komjen Pol Andap Budhi Revianto, Rabu (1/6/2022).

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia diyakini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membentuk peradaban dunia yang cinta damai. Nilai-nilai Pancasila mengajarkan etika dan moralitas dalam interaksi sosial serta memberikan tatanan pada seluruh aspek kehidupan. Sikap toleransi mampu mempersatukan keragaman masyarakat Indonesia.

“Pancasila mampu menjadi pemersatu bangsa. Di dalamnya terdapat nilai-nilai keberagaman dan persatuan antar komponen anak bangsa. Nilai-nilai inilah yang menjadi pondasi kuat berbangsa dan bernegara untuk ke depan dan seterusnya,” ungkap mantan Kapolda Sultra itu.

Mantan Kapolda Kepri itu mengajak seluruh komponen bangsa agar terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata. Langkah tersebut diyakini dapat mengeliminir berbagai implikasi dampak pertarungan ideologi global. Termasuk mengeliminir berbagai friksi dalam sistem nilai dan karakter generasi muda masa depan bangsa Indonesia. “Selamat memperingati hari lahir Pancasila tahun 2022. Salam Pancasila,” ujarnya. (*)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!