BERITA UTAMA

Empat Kandidat Bersaing di Pilrek USN Kolaka

KOLAKAPOSNES.COM, Kolaka – Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka memasuki babak baru. Panitia telah menetapkan empat kandidat yang akan bersaing dalam pemilihan Rektor USN periode 2022-2026. Mereka adalah Prof. Dr. Ruslin Hadanu, Dr. H. Nur Ihsan HL., Dr. Jabalnur, dan Dr. Rosnawintang.

Keempat kandidat tersebut telah dinyatakan lolos verifikasi berkas persyaratan. Kandidat terakhir yang lolos verifikasi administrasi adalah Rosnawintang. Sebelumnya, dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari ini sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat. Namun setelah berkasnya diverifikasi kembali, dan panitia melakukan konsultasi kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rosnawintang akhirnya ditetapkan memenuhi syarat.

Ketua panitia Pilrek USN, Yahyanto

Ketua panitia Pilrek USN, Yahyanto mengungkapkan dengan lolosnya empat kandidat tersebut maka Pilrek USN sudah memenuhi syarat (minimal empat bakal calon) untuk dilanjutkan ke tahap penjaringan tahap pertama. Pada tahap ini setiap bakal calon akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja dalam rapat Senat terbuka.

“Rapat Senat terbuka akan dilaksanakan di aula USN pada 24 Juni 2022. Ini terbuka untuk umum, dan akan dihadiri para ketua prodi, ketua jurusan, dan para wakil dekan lingkup USN. Selain itu ada juga beberapa undangan dari luar, termasuk perwakilan dari Kemendikbud Ristek,” kata  Yahyanto saat konferensi pers, Rabu (15/5).

Selanjutnya, Senat USN yang berjumlah 21 orang akan melakukan penilaian dan penetapan tiga calon melalui rapat Senat tertutup. “Pada tanggal 24 Juni itu, penyampaian visi misi dan program kerja dilaksanakan pukul 09.00 Wita sampai 12.00 Wita. Setelah itu pukul 13.00 Wita, Senat akan mengadakan pemilihan tiga besar yang dilaksanakan di ruang rapat Rektorat, ini sifatnya tertutup,” jelasnya.

Setelah penetapan tiga calon, selanjutnya panitia akan merampungkan berkas pendukung para calon untuk diserahkan ke Kemendikbud Ristek. Kemendikbud Ristek kemudian akan melakukan penelusuran rekam jejak para calon sebelum menyalurkan 35 persen hak suaranya.

“Dalam aturannya, Kemendikbud Ristek akan melakukan verifikasi dan penelusuran rekam jejak para calon selama satu bulan. Setelah itu kami tinggal menunggu kapan jadwal pemilihan oleh Kemendikbud Ristek,” pungkas Dekan Fakultas Hukum USN itu.

Sebagai informasi, empat kandidat calon rektor USN periode 2022-2026, dua berasal dari internal USN dan dua lainnya dari UHO. Dari USN yaitu Prof. Dr. Ruslin Hadanu dan Dr. H. Nur Ihsan HL. Saat ini Prof. Dr. Ruslin Hadanu menduduki jabatan Wakil Rektor Bidang Akademik, sementara Dr. H. Nur Ihsan HL sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sementara dua kandidat dari UHO yaitu Dr. Rosnawintang, dan Dr. Jabalnur. Saat ini Dr. Rosnawintang menjabat sebagai Koordinator Program Studi Magister Ilmu Ekonomi, sementara Dr. Jabalnur pernah menjabat Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III Fakultas Hukum.

Siapa yang akan terpilih menakhodai Kampus Merah Marun selama empat tahun ke depan? Menarik untuk ditunggu. (kal)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!