METRO KOLAKA

Pastikan Tepat Sasaran, Bold Riders dan Super Adventure Kolaka Bagikan Langsung Paket Kurban ke Pekerja Jalanan

KOLAKAPOSNEWS.COM, KOLAKA – Gabungan 7 komunitas motor Bold Riders dan 1 pecinta alam Super Adventure Kolaka turun langsung ke jalan membagikan daging kurban berbungkus daun jati ke pekerja jalanan. Cara ini dilakukan untuk memastikan penerima kurban tepat sasaran.

Kegiatan kurban yang merupakan bagian dari program ‘KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang’ ini dilaksanakan Senin, 11 Juli 2022.

Komunitas Bold Riders yang terlibat yaitu Kolaka King Community (KKC), NR-XR Kolaka, HSFCI Kolaka, Kolaka Jupiter Riders Club (KJRC), YR15 Club Indonesia – Kolaka, Riders Xtreme Kolaka, dan YVC-I ME Kolaka Selatan. Sedangkan komunitas Super Adventure yakni Ulunggolaka Pecinta Alam (UPALA).

Heryanto Syafir penanggung jawab kegiatan menjelaskan, pemotongan hewan kurban dilakukan di Sekret KKC, Kelurahan Lamokato. Satu ekor sapi kurban dibagi menjadi 64 paket dan dibungkus menggunakan daun jati. Daun jati dipilih sebagai wadah ramah lingkungan karena lebih mudah didapatkan.

“Di Kolaka masih banyak hutan jati. Ada juga yang ditanam warga. Dari komunitas Super Adventure UPALA yang bantu menyediakan untuk membungkus daging kurban,” ujar Heryanto, Rabu 13 Juli 2022.

Sambil melakukan rolling thunder, anggota komunitas membagikan langsung paket kurban ke tukang becak, juru parkir, petugas kebersihan yang ditemui di jalanan. Dilanjutkan ke rumah warga kurang mampu di sekitar Kolaka.

“Saat rolling kami bisa silaturahmi ke warga yang kami temui di jalanan sambil berbagi. Kami juga bisa memastikan penerima kurban tepat sasaran,” ujar Heryanto.

Selain itu, lanjut Heryanto, interaksi langsung yang dilakukan komunitas dengan warga merupakan salah satu upaya mengubah stigma negatif komunitas, terutama komunitas motor.

“Jadi masyarakat bisa lihat bahwa kami komunitas motor bisa berkegiatan sosial. Alhamdulillah respon masyarakat baik, ini sudah tahun ketiga kurban yang dilaksanakan Bold Riders Kolaka,” ungkapnya.

Heryanto berharap dengan pelaksanaan kurban hasil Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) ini, Bold Riders dan Super Adventure Kolaka lebih semangat dalam menggelar aksi sosial dan yang berdampak positif.

“Apa yang kami lakukan semoga bisa menjadi jadi contoh bagi komunitas lain, sebab tidak banyak komunitas yang bisa dan mau melaksanakan kegiatan sosial secara rutin seperti yang dilakukan Bold Riders dan Super Adventure,” pungkasnya.

KITA Berbagi 2022 Tebar 637 Ekor Hewan Kurban

Program KITA Berbagi 2022 serentak dilaksanakan di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Terdapat 637 sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

Pada program ini, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan. Dimana seluruh komunitas menggunakan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, dan daun pisang untuk membungkus paket daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat.

Pada tahun 2020 dan 2021, KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi KITA juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Per 11 Juli 2022, sebanyak 10.583 paket daging kurban dengan wadah ramah lingkungan telah dibagikan ke masyarakat. Data ini adalah jumlah sementara dan akan terus bertambah dalam sepekan ke depan. (*)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!