Berita Utama

Implementasikan MBKM, PPKn USN Jalin Kerjasama dengan UHO dan UNM

Ketua Prodi PPKn USN, Suriaman, S.Pd.,M.Pd (kanan), Ketua Prodi PPKn UNM, Prof. Dr. Hj. Andi Kasmawati (tengah), dan Sekretaris Jurusan PPKn UHO, Dr. Abdul Halim Momo, sempatkan pose bersama usai penandatanganan kerjasama.

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka — Mengimplementasikan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu Penddidikan, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menjalin kerjasama dengan Jurusan PPKn Universitas Halu Oleo Kendari dan Prodi PPKn Universitas Negeri Makassar (UNM). Kerjasama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Ketua Prodi PPKn USN, Suriaman, S.Pd., M.Pd., bersama Ketua Prodi PPKn UNM, Prof. Dr. Hj. Andi Kasmawati, dan Ketua Jurusan PPKn UHO.

Pendatanganan kerjasama berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka pada Kamis (3/11) pagi. Acara tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik USN, Prof. Dr. Ruslin Hadanu, Dekan FKIP USN, Sufri Mashuri, S.Pd., M.Pd., dosen lingkup FKIP, guru-guru SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Kolaka, stakeholder, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Prodi PPKn USN, Suriaman mengungkapkan kerjasama yang dijalin antara Prodi PPKn USN, Prodi PPKn UNM, dan Jurusan PPKn UHO yaitu berupa kolaborasi dalam peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) baik antara dosen maupun mahasiswa dan implementasi MBKM. Selain itu, program pertukaran mahasiswa program studi PPKn di tiga kampus tersebut.

Suriaman berharap terjalinnya kerjasama ini dapat meningkatkan lagi kolaborasi Prodi PPKn USN dengan banyak pihak. “Kami menggantungkan harapan, bimbingan, dan kerjasama agar prodi PPKn UNM dan Jurusan PPKn UHO sebagai kakak kami, untuk bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk karakter bangsa yang Pancasilais melalui kolaborasi keilmuan. Sebagai prodi yang baru berdiri lebih kurang lima tahun, PPKn USN Kolaka memerlukan percepatan pergerakan dalam menyebar silahturahmi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Selain itu, mandat implementasi MBKM dari kementerian perlu segera direaliasisasikan. Apalagi amanah Rektor USN Kolaka (Dr. H. Nur Ihsan, HL., M.Hum), mengharapkan program MBKM untuk segera diimplementasikan. Kita perlu mengejar ketertinggalan dari program MBKM ini,” ungkap Suriaman dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jurusan PPKn UHO, Dr. Abdul Halim Momo, mengapresiasi terwujudnya kerjasama yang diinisiasi oleh Prodi PPKn USN. “Terobosan kerjasama yang dilakukan oleh Prodi PPKn USN Kolaka sangat kami apreasi. Sebagai kakak, kami memang didorong oleh pimpinan dekanat untuk membuat perjanjian kerja sama dengan berbagai pihak. Ternyata, USN yang bersedia menyatukan tiga program studi PPKn di tiga kampus yang berbeda. Kita tidak bersaing, tetapi berkolaborasi demi kualitas pendidikan yang lebih baik lagi,” kata Dr. Abdul Halim Momo, yang mewakili jurusan PPKn UHO.

Senada, Ketua Program Studi PPKn UNM, Prof. Andi Kasmawati, juga turut mengapresiasi terjalinnya kerjasama tersebut. “Kegiatan pertukaran mahasiswa pada program studi yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, memerlukan kerjasama yang baik. Apresiasi yang bisa kami berikan tentunya membuka peluang kepada pihak manapun,” kata guru besar UNM itu. (rls/p1)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top