Berita Utama

Puluhan Peserta Magang Dalam Negeri Direkrut Jadi Karyawan

Sekretaris Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tenggara Muhammad Iskandar, SH, MH (kanan) saat menyerahkan sertifikat program pemagangan dalam negeri, program pendidikan dan pelatihan vokasi tahun 2022.

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kendari — Puluhan peserta magang dalam negeri program pendidikan dan pelatihan vokasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tahun 2022 direkrut sebagai karyawan. Mereka tersebar di sejumlah perusahaan di Kota Kendari setelah menyelesaikan masa magangnya selama lima bulan. Rekrutmen sebagai karyawan dilakukan perusahaan tersebut setelah hasil penilaian dan evaluasi selama mereka mengikuti magang dinilai layak direkrut sebagai karyawan.

“Program tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi tenaga kerja agar sesuai kebutuhan industri atau perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di perusahaan,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Pesempatan kerja Dinas Transnaker Sultra, Aswati, S.Sos, M. AP dalam laporannya saat penutupan kegiatan program pemagangan dalam negeri gelombang ketiga Satuan Kerja Dinas Transnaker Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan tersebut, kata Aswati, merupakan program pendidikan dan pelatihan vokasi, dimana Sulawesi Tenggara mendapatkan jatah sebanyak 20 paket tersebar di dua kabupaten/kota masing-masing, Kota Kendari 18 paket dan Kabupaten Konawe 2 paket. “Untuk Kota Kendari sebanyak 180 peserta, sementara Kabupaten Konawe 20 peserta. Mereka disebar di sejumlah perusahaan seperti hotel, salon, bukti, dealer kendaraan bermotor dan rumah sakit,” kata Aswati.

Menurutnya, program pemagangan tahun 2022 proses seleksi administrasi, pendidikan/pelatihan hingga rekrutmen karyawan menjadi dilakukan sendiri oleh setiap perusahaan. Ini dimaksudkan untuk memudahkan perusahaan dalam menentukan layak-tidaknya seseorang direkrut sebagai peserta magang sekaligus menentukan status mereka pasca pemagangan selesai.

Hadir di acara penutupan kegiatan tersebut diantaranya Ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan Ir Andi Syamsul Bahri serta perwakilan dari perusahaan penerima program pemagangan di Kota Kendari. (rsl/*)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top